Gelontorkan Rp 3,3 Triliun, Dai-ichi Resmi Masuk Panin Life

Kompas.com - 04/06/2013, 15:26 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan Jepang Dai-ichi Life Insurance Company, Ltd (Dai-ichi Life), merampungkan kontrak pembelian 40 persen saham Panin Life dengan nilai Rp 3,3 triliun. Hal ini ditandai dengan penandatanganan simbolis oleh manajemen kedua belah pihak Selasa (4/6/2013).

"Kemitraan strategis ini merupakan salah satu tonggak utama bagi Panin Life dan membuka peluang baru dalam pertumbuhan bisnis. Kolaborasi dengan Dai-ichi Life akan lebih memperkuat posisi bisnis kami di Indonesia," ucap Wakil Presiden Direktur Panin Life Simon Imanto dalam siaran persnya.

Disebutkan, transaksi ini masih memerlukan persetujuan dari regulator terkait, dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan.

Representative Director, Deputy President, Group Management Headquarters Dai-ichi Life  Hideto Masaki,  menyatakan, pihaknya akan memberikan kontribusi dengan pengalaman yang luas dan keahlian, khususnya di bidang aktuaria, manajemen risiko, distribusi serta pelatihan.

Indonesia, sebagai negara berpenduduk terbesar keempat di dunia, adalah salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di pasar asuransi dengan total premi asuransi jiwa sebesar kurang dari 2 persen dari PDB.

"Memasuki pasar asuransi Indonesia merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan internasional kami dan akan memperkuat kehadiran kami di pasar negara berkembang. Kami akan menerapkan strategi yang berbeda melalui produk, distribusi dan layanan kepada pelanggan. Dengan menggabungkan kekuatan kami, kami yakin bahwa kami akan membangun sebuah perusahaan dengan keunggulan kompetitif yang kuat," katanya.

Bank of America Merrill Lynch adalah penasihat keuangan tunggal Panin Financial dan Panin Life dalam transaksi ini.

Per 31 Desember 2012, Panin Life memiliki total aset Rp 3,9 triliun dengan total ekuitas dan pendapatan premi bruto sebesar Rp 420 miliar dan Rp 2,3 triliun.  Sementara Dai-ichi Life  yang memiliki jaringan operasional di Asia Pasifik, Eropa, Amerika dan Australia, mempunyai total aset 35,694 miliar yen (379 juta dollar AS) per tanggal 31 Maret 2013.

 

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X