Kompas.com - 04/06/2013, 22:55 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Permata Tbk memberi bunga murah bagi kredit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, ini hanya diberikan kepada lembaga tertentu.

"Kami punya kerja sama dengan Yayasan Dana Bakti Astra (YDBA) dan United Tractor untuk memberi kredit dengan bunga ringan, hanya 4%," sebut Executive Vice President Head Corporate Affairs Bank Permata, Leila Djafaar, di EX Plaza Indonesia, Selasa, (4/6/2013).

Hingga saat ini, kredit yang disalurkan ke YDBA yakni Rp 2,8 miliar. Kemudian, untuk UT yakni Rp 4 miliar. Ini diberikan ke sekitar 100 nasabah di YDBA dan 100 di UT. Leila mengatakan, anggota kedua lembaga ini tersebar di seluruh Indonesia.

Namun, jumlah dana yang digelontorkan ke tiap nasabah pun tak besar. Umumnya, mereka hanya meminjam di bawah Rp 10 juta. Tenor yang diberi pun tak lama, yakni di bawah 5 tahun.

Selain memberi kredit, Leila mengklaim bahwa pihaknya turut melakukan pembinaan bagi UMKM tersebut. "Ini yang juga penting. Melakukan pembinaan keuangan," sebutnya. Leila mengatakan, penyaluran kredit bagi 2 lembaga tersebut turut membantu mereka menjangkau akses terhadap perbankan. (Annisa Aninditya Wibawa/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.