AirAsia Hentikan Penerbangan Jakarta-Semarang

Kompas.com - 05/06/2013, 09:47 WIB
EditorErlangga Djumena

SEMARANG, KOMPAS.com - Terhitung 1 Juli 2013 nanti, maskapai Indonesia AirAsia akan menghentikan rute penerbangan Jakarta-Semarang. Selama ini, maskapai low cost carrier tersebut melayani rute tersebut sebanyak dua kali penerbangan dalam sehari.

"Kami akan hentikan per 1 Juli 2013 penerbangan rute Jakarta-Semarang. Kebijakan ini merupakan bagian dari strategi perusahaan, yang ingin mengoptimalkan dengan mengalihkan rute tersebut ke penerbangan lainnya," kata  Communications Manager PT Indonesia Air Asia Audrey Progastama Petriny, seperti dikutip Tribun Jateng, Selasa (4/6/2013).

Audrey mengatakan, dengan adanya penghentian rute penerbangan Semarang-Jakarta, AirAsia memberikan tiga opsi bagi calon penumpang yang sudah telanjur memesan tiket pada 1 Juli 2013 atau setelahnya.

"Opsi pertama, calon penumpang bisa refund sesuai harga tiket. Sementara opsi kedua, penumpang bisa melakukan credit sale. Opsi ini semacam deposit di AirAsia untuk pembelian tiket dengan rute lain. Misalnya, harga tiket Rp 1 juta, calon penumpang bisa menggunakannya untuk membeli harga tiket yang sama ke rute lain," urai Audrey.

Untuk opsi ketiga, calon penumpang yang sudah telanjur membeli tiket bisa mengubah tanggal penerbangan sebelum 1 Juli 2013.

"Kami menutup rute penerbangan Semarang-Jakarta bukan karena adanya penurunan keterisian penumpang atau load factor. Kami akan menambah frekuensi penerbangan, bukan membuka rute baru. Nanti segera diinformasikan, rute mana yang ditambah," katanya.

Sementara untuk rute Semarang-Kuala Lumpur, Semarang-Singapura, dan Semarang-Surabaya,  menurut Audrey, AirAsia masih tetap melayani penumpang jalur tersebut. (Agung)

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X