Aset 3 Orang Terkaya Jepang Melorot 4,2 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 05/06/2013, 12:29 WIB
EditorErlangga Djumena

TOKYO, KOMPAS.com — Kekayaan tiga orang terkaya Jepang jika dijumlahkan merosot 4,2 miliar dollar AS dalam dua minggu terakhir ini. Menurut data Bloomberg Billionaires Index, nilai saham ketiga taipan ini tergerus penurunan bursa Jepang.

Kekayaan Chairman Fast Retailing Co Tadashi Yanai menyusut 12 persen ke 16,4 miliar dollar AS per Senin (3/6/2013). Kekayaan Presiden SoftBank Corp Masayoshi langsung terpukul 13 persen ke 12,1 miliar dollar AS. Sementara CEO Rakuten Inc Hiroshi Mikitani harus kehilangan 9 persen asetnya menjadi 6,6 miliar dollar AS.

Mereka terkena dampak turbulensi bursa Jepang. Dalam dua pekan sejak titik tertingginya pada 22 Mei, indeks Topix longsor 14 persen dan menghapus 400 miliar dollar AS dari pasar.

Walau begitu, Jepang masih menjadi bursa dengan kenaikan terbaik di pasar saham dunia tahun ini. Reli saham-saham Jepang yang terjadi sebelum turbulensi ini merupakan reli terbesar dalam seperempat abad terakhir.

Reli itu telah menambahkan hampir 9 miliar dollar AS ke nilai kekayaan bersih ketiga orang tadi pada 2013.

Pada tahun ini, Topix naik sekitar 28 persen dengan optimisme bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe bisa memimpin Jepang keluar dari deflasi.

Stimulus moneter yang dilancarkan oleh Bank of Japan juga telah melemahkan nilai tukar yen sebanyak 17 persen versus dollar sejak 3 Desember. Dus, para emiten ekspor bisa mencetak laba lebih tinggi dan menaikkan target labanya untuk tahun finansial yang dimulai pada April 2012.

Tiga perusahaan yang dijalankan oleh ketiga miliuner itu mengandalkan pasar Jepang, walaupun mereka juga mencoba diversifikasi ke wilayah lain. Tetapi, ketika ekonomi Jepang tampak membaik, maka harga saham perusahaan mereka ikut menanjak. Ketiganya memiliki sebagian saham tersebut sehingga kekayaan mereka bertambah. (Rika Theo)

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X