Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontraktor Tambang Mogok, Bumi Resources Berang

Kompas.com - 06/06/2013, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bumi Resources Tbk mengajukan protes kepada Leighton, sehubungan dengan langkah penghentian produksi batu bara oleh Thiess-anak usaha Leighton-di tambang Satui dan Senakin.

Direktur Bumi Resources Dileep Srivastava menyatakan penghentian produksi oleh Thiess melanggar hukum dan kontrak bisnis yang dilakukan. Perseroan juga mengklaim telah membayar seluruh tunggakan kepada kontraktor pertambangan itu.

"Thiess dalam pandangan kami, melakukan tindakan yang salah karena menghentikan kegiatan produksi, dan hal itu melanggar kontrak. PT Arutmin Indonesia (anak usaha Bumi Resources yang memiliki tambang Satui dan Senakin) sangat kecewa dengan tindakan itu, padahal kerja sama sudah dijalin selama 12 tahun," ujar Dileep dalam siaran pers, Kamis (6/6/2013).

Dia menyatakan, bahwa tidak ada kontraktor tambang lain yang menghentikan produksinya, kecuali hanya Thiess. Dia berharap agar Thiess mematuhi peraturan perundangan di Indonesia sebagaimana yang diatur dalam kontrak. Selain itu, Bumi Resources juga sudah membawa masalah ini ke pengadilan Queensland, Australia.

Pekan lalu, induk usaha Thiess, Leighton di keterbukaan informasi bursa Australia mengumumkan bahwa penghentian produksi di tambang batubara Senakin dan Satui lantaran Arutmin belum membayar tagihan dari Thiess atas kegiatan produksinya.

Leighton tidak menjelaskan nilai tagihan Thiess yang masih ditunggak Arutmin. Leighton hanya menyatakan, penambangan di Senakin dan Satui akan kembali beroperasi jika Arutmin menuntaskan pembayaran kontrak Thiess.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com