Kompas.com - 07/06/2013, 19:12 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan segera mereda, menyusul intervensi yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI).

Ekonom Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih memproyeksikan fluktuasi nilai tukar rupiah tetap terjadi, sepanjang belum ada kejelasan mengenai kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

"Potensi pelemahan nilai tukar rupiah masih ada sampai adanya kejelasan bahan bakar minyak (BBM) subsidi, kondisi itu yang mendorong BI untuk melakukan intervensi," ujarnya Jakarta, Jumat (7/5/2013).

Menurut dia, posisi rupiah saat ini merefleksikan harga BBM subsidi. Jika harga BBM tidak jadi dinaikkan, rupiah diperkirakan kembali mengalami pelemahan yang cukup dalam terhadap dolar AS.

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada hari ini bergerak menguat sebesar 113 poin menjadi Rp 9.787 dibanding sebelumnya di posisi Rp 9.900 per dollar AS.

Lana mengatakan bahwa menguatnya rupiah juga dipicu dari salah satu data klaim pengangguran AS yang tidak sesuai dengan ekspektasi sehingga diperkirakan The Fed akan menunda untuk mengurangi stimulus keuangannya.

"Kondisi itu membuat dolar AS melemah terhadap mayoritas mata uang di dunia, termasuk rupiah," kata dia. Lana mengatakan bahwa BI yang menerbitkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) diharapkan dapat menandingi pergerakan kurs rupiah di pasar non-delivery forward (NDF) yang cenderung melemah.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepala Riset Monex Investindo Fututres Ariston Tjendra mengemukakan bahwa rupiah dapat mempertahankan penguatan terhadap dolar AS seiring dengan aksi jual dollar AS akibat kekhawatiran investor terhadap data tenaga kerja AS.

"Serangkaian petinggi The Fed telah mengisyaratkan keinginannya untuk mengurangi stimulus jika kondisi sektor tenaga kerja terus membaik. Namun, data tenaga kerja AS menunjukkan masih rapuh," katanya.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X