Kompas.com - 07/06/2013, 20:38 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

WASHINGTON, KOMPAS.com - Perekonomian Amerika Serikat kelihatannya mulai menggeliat, lantaran serapan tenaga kerja pada Mei mencapai 175.000, atau mengalami kenaikan dari bulan sebelumnya di level 149.000 orang.

Namun di sisi lain, rasio pengangguran mengalami kenaikan tipis, dari 7,5 persen menjadi 7,6 persen. Naiknya serapan tenaga kerja tersebut menjadi sinyal bahwa perusahaan di AS mencari kesempatan di luar stimulus fiskal, sekaligus menandakan pelakuindustri cukup optimistis dengan prospek pasar pada semester II-2013.

 

“Bisa dilihat, pasar tenaga kerja tidak seburuk yang kita perkirakan. Rasio pengangguran naik pada waktu yang tepat. Lebih banyak orang mencari kerja, dan sebagian di antaranya adalah para pencari kerja baru. Namun  tetapi yang lebih penting adalah mereka bisa terserap," ujar analis RBS Securities, Connecticut.

Ketika lapangan kerja baru tebuka, namun darisisi pendapatan, tidak mengalami kenaikan. Rata-rata upah per jam hanya sedikit naik menjadi 23,89 dollar AS dari bulan sebelumnya 23,88 dollar AS per jam.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.