Kompas.com - 09/06/2013, 13:12 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia meraih penghargaan 'Air Cargo Industry Customer Care Award 2013' untuk ketiga kali berturut-turut dari Air Cargo Week (ACW), lembaga publikasi industri kargo global asal Inggris. Penghargaan kepada AirAsia diberikan di Munich, Jerman, pada 5 Juni 2013.

AirAsia adalah satu-satunya maskapai asal Asia Tenggara yang berhasil meriah penghargaan di ajang itu. Air Cargo Week memberikan penghargaan Air Cargo Industry Customer Care Award 2013 berdasarkan hasil survei global yang melibatkan pelaku bisnis dan industri, yang hasilnya AirAsia mengungguli maskapai lain kelas dunia seperti Emirates, Etihad, dan Virgin Atlantic.

"Kami sangat senang mendapat penghargaan ini untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Sebagai maskapai LCC, kami mematahkan mitos bahwa maskapai low cost berkualitas buruk dan, kami bisa menyamai atau bahkan melampaui kualitas dari operator lainnya melalui kepiawaian dan tingginya kualitas layanan," kata Sathis Manoharen, Regional Head of Cargo of AirAsia and AirAsia X, Minggu (9/6/2013), dalam surat elektroniknya.

Selain hasil survei, Air Cargo Week juga menilai tiga kriteria yakni pendekatan proaktif dalam melayani pelanggan, strategi yang efektif dalam menyelesaikan masalah dengan pelanggan, dan efektifitas kebijakan perusahaan dalam melayani pelanggan.

AirAsia sebelumnya meraih penghargaan yang sama dari Air Cargo Week pada 2011 dalam acara penganugerahan yang juga digelar di Munich, dan pada 2012 yang digelar Shanghai, China. AirAsia merupakan satu-satunya maskapai yang menerima penghargaan ini untuk ketiga kali secara berturut-turut. Adapun secara keseluruhan, AirAsia telah empat kali meraih penghargaan ini dari Air Cargo Week, yang pada 2010 sebagai Air Cargo Industry "New Comer of The Year."

AirAsia melihat bisnis kargo sebagai salah satu penyumbang pendapatan yang telah memberikan kontribusi cukup besar untuk pendapatan tambahan(ancillary income). AirAsia pun berhasil mengoptimalkan ruang perut pesawat untuk meraih pendapatan melalui layanan kargo berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan kompetitor.

Dengan memanfaatkan jaringan dan frekuensi AirAsia yang luas, maskapai ini berupaya untuk menjangkau destinasi lebih banyak dan mencapai waktu pengiriman yang lebih cepat. Selain itu, AirAsia juga telah memperkuat operasional kargo sebagai bagian untuk melindungi pendapatan bersih dari fluktuasi harga bahan bakar, dengan secara aktif melibatkan agen kargo dan perusahaan ekspor-impor di beragam pasar dalam jaringan AirAsia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.