Kompas.com - 10/06/2013, 18:45 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) ditunjuk oleh Perum Perhutani untuk menyediakan layanan jasa perbankan yakni pengelolaan operasional perusahaan melalui fasilitas cash management system.

Kerjasama ini bertujuan untuk mempermudah dan memberikan keamanan kepada perhutani dalam melakukan transaksi keuangannya. Selain itu, Perhutani juga dapat memantau posisi keuangan seluruh unit kerja Perhutani secara real time, sekaligus mengedukasi peranan perbankan dalam mendukung kegiatan pembangunan masyarakat kehutanan.

Sekretaris Perusahaan BRI, Muhammad Ali menuturkan, BRI akan mengelola pembayaran gaji dan pembayaran hasil hutan para pekerja dasar Perum Perhutani, yang totalnya berjumlah 100.000 pekerja, dengan nilai pembayaran mencapai Rp 700 miliar per tahun.

Pembayaran upah/honor dan hasil hutan ini juga sekaligus membuka akses perbankan (financial inclusion) bagi para pekerja dasar tersebut. “Tidak menutup kemungkinan, kami kenalkan juga dengan fasilitas dan layanan perbankan lain yang dimiliki BRI, seperti tabungan Simpedes, Britama, juga skim kredit komersil yakni Kupedes, bagi mereka yang ingin memulai usaha di sektor lain," kata Ali, Senin (10/6/2013).

Dalam kesempatan itu, BRIjuga ditunjuk oleh PT Jamsostek untuk memberikan layanan bagi nasabah Jamsostek. Dalam hal ini, peserta Jamsostek akan mendapatkan pelayanan berupa informasi tentang program Jamsostek, baik peserta umum maupun peserta yang juga menjadi nasabah Bank BRI.

Muhamad Ali menjelaskan kerjasama yang dijalin meliputi pemanfaatan kantor BRI, baik cabang, kantor cabang pembantu, kantor kas,hingga kantor BRI unit sebagai salah satu service point office bagi Jamsostek.

“Hal ini dapat membantu memberikan formulir pendaftaran dan brosur-brosur program Jamsostek, membantu menerima pendaftaran kepesertaan baru pada program Jamsostek, menerima pembayaran iuran program Jamsostek, dan membantu menerima pengajuan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta Jamsostek yang sudah memiliki hak pengambilan JHT-nya,” papar Ali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X