Kompas.com - 11/06/2013, 13:51 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Lintas Marga Sedaya mencatat proses pembebasan tanah untuk jalan tol Cikampek-Palimanan (Cirebon) telah mencapai 97,5 persen dari total lahan tol sepanjang 116 kilometer.

Edwin Sas Gunarto, perwakilan manajemen PT Lintas Marga Sedaya, menjelaskan bahwa sejak dikerjakan pada Januari 2013, konstruksi telah mencapai 2,2 persen, atau melampaui 0,2 persen yang ditargetkan.

"Target proyek selesai seluruhnya pada Juni 2015. Tol Cikampek-Palimanan akan mampu memberikan multiplier effect bagi ekonomi, apalagi ruas tol ini merupakan proyek nasional sehingga kami harapkan dukungan penuh dari semua stakeholder," kata Edwin dalam siaran pers, Selasa (11/6/2013).

Terkait dengan upaya pembebasan lahan, Edwin menjelaskan, masyarakat yang menolak menerima ganti rugi lahan diminta untuk segera menyelesaikan masalah tersebut di jalur hukum. Ini karena, berdasarkan aturan perundang-undangan, bila masyarakat tetap menolak ganti rugi sesuai kesepakatan dengan warga lainnya, pemerintah akan tetap mengeksekusi lahan dimaksud.

"Pemerintah menganjurkan, warga yang tidak mau melepaskan lahannya untuk proyek nasional jalan tol ini agar membawa masalah ini ke jalur hukum," Ketua Panitia Tim Pembebasan Tanah (TPT) Eten Rosyadi.

Dalam Pasal 47 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah bagi Pembangunan Kepentingan Umum menyatakan, apabila pelepasan obyek pengadaan tanah belum selesai dalam waktu paling lama 60 hari, tanahnya telah dilepaskan dan menjadi tanah negara, serta dapat langsung digunakan untuk pembangunan bagi kepentingan umum.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.