Tangani Bank Gagal, LPS Gandeng Polri

Kompas.com - 11/06/2013, 17:22 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menjalin kerja sama dengan Polri dalam hal penanganan bank gagal dan proses hukum yang terjadi pada bank yang bermasalah itu.

Ketua Dewan Komisioner LPS Heru Budiargo mengatakan, kerja sama diwujudkan melalui penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Polri. Selain proses hukum atas bank yang gagal, kerja sama juga diarahkan pada tukar-menukar informasi, sosialisasi, pendidikan, dan pelatihan secara bersama.

Heru Budiargo menyampaikan bahwa pelaksanaan nota kesepahaman akan menguatkan efektivitas pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenang LPS, terutama terkait penanganan dan penuntasan permasalahan hukum pada bank gagal.

"Dengan adanya nota kesepahaman ini, LPS dapat langsung menyampaikan permasalahan hukum pada bank gagal kepada Kepolisian RI untuk dilakukan penuntasannya," kata Heru dalam siaran pers, Selasa (11/6/2013).

Sementara itu, Kapolri Jenderal Timur Pradopo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabareskrim Komisaris Jenderal Sutarman menyampaikan bahwa kerja sama tersebut diharapkan bisa mendukung LPS dalam melaksanakan tugasnya, yaitu menjamin simpanan nasabah dan memelihara stabilitas sistem keuangan nasional, khususnya perbankan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X