Kompas.com - 12/06/2013, 06:35 WIB
|
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Indonesia menyatakan nilai tukar rupiah belum menembus Rp 10.000 per dollar AS. Otoritas moneter ini menegaskan rupiah masih diperdagangkan di kisaran Rp 9.880 per dollar AS.

"Hari ini kurs rupiah dalam pantauan BI ditransaksikan dalam range Rp 9.830 - Rp 9.880 (per dollar AS)," tegas Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Difi Ahmad Johansyah, Selasa (11/6/2013). Dia pun menyatakan Bank Indonesia sudah masuk ke pasar sehingga kurs rupiah ditutup pada level Rp 9.830 per dollar AS pada penutupan perdagangan Selasa.

Difi mengatakan, Bank Indonesia akan terus memantau dan menjaga kecukupan likuiditas valuta asing dan siap menggunakan sejumlah instrumen moneter yang ada untuk menjaga kestabilan nilai tukar rupiah. "Kita punya banyak amunisi, tapi kita evaluasi dulu perkembangan dari hasil intervensi ini. Kita akan gunakan amunisi sesuai kebutuhan yang ada," kata dia.

Sementara itu, pengamat pasar uang Bank Himpunan Saudara, Rully Nova, mengatakan, faktor fundamental ekonomi Indonesia yang masih positif menahan pelemahan rupiah lebih dalam terhadap dollar AS pada perdagangan Selasa. Pelemahan masih terjadi, tetapi hanya pada kisaran 16 poin, yaitu dari Rp 9.822 per dollar AS menjadi Rp 9.838 per dollar AS. "Tekanan rupiah lebih dalam tertahan oleh fundamental ekonomi Indonesia yang positif sehingga rupiah kembali ke level Rp 9.800-an per dollar AS," kata dia.

Menurut Rully, tren pelemahan rupiah yang terjadi dalam beberapa hari terakhir lebih disebabkan oleh faktor negatif eksternal, menyusul perlambatan ekonomi China. "Selain China yang pertumbuhannya negatif, rencana penghentian pelonggaran kuantitatif (QE) Amerika Serikat oleh The Fed membuat dollar AS terangkat terhadap mayoritas mata uang dunia," kata dia. Rully meyakini pelemahan rupiah hanya bersifat sementara, dan nilai tukar rupiah diyakininya akan kembali terangkat begitu besaran kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi ditetapkan.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X