Apakah IHSG Bakal "Terbakar" Lagi?

Kompas.com - 12/06/2013, 07:36 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan akan kembali diuji kekuatannya pada perdagangan Rabu (12/6/2013). Tekanan pelemahan indeks masih kuat seiring tren dilepasnya investasi saham-saham oleh investor asing di Bursa Efek Indonesia.

Sentimen negatif juga datang dari bursa global, khususnya Bursa Wall Street, semalam waktu Indonesia. Pilihan Bank Sentral Jepang tidak mengubah kebijakan moneternya direspon negatif oleh pasar. Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 0,76 persen; Indeks S&P500 rontok 1,02 persen dan Indeks Komposit Nasdaq turun 1,06 persen.

Di akhir perdagangan Selasa (11/6/2013), IHSG ditutup ambles 167,42 poin (3,50 persen) ke level 4.609,95 dengan jumlah transaksi sebanyak 13,2 juta lot atau setara dengan Rp 12,7 triliun. Investor asing tercatat melakukan penjualan bersih di pasar reguler sebesar Rp 3,9 triliun dengan saham yang paling banyak dijual antara lain BBRI, BMRI, TLKM, BBCA dan ASRI.

Mata uang rupiah terapresiasi ke level Rp 9.828 per dollar AS. Kita tunggu reaksi pasar pascamunculnya keputusan Bank Indonesia menaikkan suku bunga deposit facility atau Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (Fasbi) sebesar 25 basis poin dari 4 persen menjadi 4,25 persen mulai hari ini.

Secara teknikal, menurut riset eTrading Securities, pelemahan IHSG kemarin menguji level Golden Fibo Retracement dengan breakdown MA 120. Untuk hari ini diperkirakan IHSG masih akan terkoreksi dengan dukungan di level 4.500 dan resisten di level 4.700. Adapun saham-saham yang dapat diperhatikan adalah ACES, INTP, JSMR.

Sementara menurut riset Panin Sekuritas, tekanan jual di pasar masih akan berlanjut sepanjang investor asing terus melakukan aksi jual. Hari ini diperkirakan IHSG akan bergerak pada kisaran dukungan-resisten di level 4.551-4.650.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X