Kompas.com - 12/06/2013, 11:58 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengklaim harga daging sapi saat ini sudah mulai turun menjadi Rp 75.000 per kg. Pihaknya juga akan menjaga harga komoditas lain tetap stabil di pasar.

"Harga daging sudah turun, Rp 75.000 per kg. Saya juga menginginkan setiap harga komoditas dari Rp 90.000 menjadi Rp 75.000 per kg," kata Hatta seusai rapat koordinasi tentang pangan di kantornya, Jakarta, Rabu (12/6/2013).

Hatta mengharapkan dunia usaha tidak melakukan spekulasi pada barang-barang yang beredar di pasar. Hal ini akan menimbulkan kenaikan harga dan menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Intinya adalah pemerintah tetap akan menjaga suplai dan stabilitas harga komoditas di pasar sehingga akan meningkatkan daya saing pengusaha serta masyarakat.

"Tadi kami membahas stabilitas harga minyak goreng, daging sapi, ayam, hortikultura, gula pasir, tepung terigu, ikan (termasuk udang), dan beras. Ini yang penting," tambahnya.

Dari ketujuh komoditas tersebut, Hatta beserta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) sepakat untuk menjaga pasokan dan stabilisasi harga di pasar. "Pemerintah dan dunia usaha bertekad untuk menjaga stabilitas harga dan produksinya. Kita jamin suplai (tujuh komoditas) itu cukup," tambahnya.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto menambahkan, rapat koordinasi ini ingin menjamin pasokan pangan dan harga komoditas menjelang lebaran agar bisa aman di pasar.

"Tapi ini perlu upaya khusus soal jaminan kelancaran distribusi logistik karena ini bisa mengganggu dan berdampak terhadap kenaikan harga sehingga ini jadi masukan untuk pemerintah," kata Suryo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kondisi itu, pihaknya meminta pemerintah  memperlancar infrastruktur di dalam negeri. Pihaknya tidak ingin pemerintah hanya memprioritaskan infrastruktur transportasi untuk manusia saja, sementara kelancaran transportasi barang malah dinomorduakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.