Kompas.com - 13/06/2013, 08:16 WIB
EditorErlangga Djumena

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir di wilayah positif pada Rabu (12/6/2013) waktu setempat (Kamis pagi WIB), sebagian besar berkat dukungan dari melemahnya dollar AS.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik 15 dollar AS, atau 1,09 persen, menjadi menetap di 1.392,0 dollar AS per ounce. Namun demikian, emas berjangka telah turun lebih dari 17 persen sepanjang tahun ini.

Dollar AS melemah pada perdagangan Rabu, tergelincir terhadap euro dan yen Jepang, memberikan dukungan mendasar untuk logam mulia, menurut analis pasar. Dollar AS yang lebih kuat cenderung menekan harga komoditas berdenominasi dollar seperti emas.

Mata uang yang disebut greenback ini jatuh, memperpanjang penurunan tajam hari sebelumnya terhadap yen, karena bank sentral Jepang (BoJ) memutuskan untuk mempertahankan daripada memperluas langkah-langkah stimulus.

"Sementara emas menunjukkan beberapa tanda-tanda stabilitas, pasar tetap terjebak di tengah antara tanda-tanda musiman perlambatan ekonomi AS dan prospek Federal Reserve AS untuk mulai mengurangi pembelian obligasi," kata beberapa analis.

Harga emas terpuruk saat Fed akan mempertimbangkan kembali pembelian obligasinya dalam beberapa bulan mendatang.

Emas kembali naik tajam dalam beberapa tahun terakhir ketika Fed dan bank sentral utama lainnya di seluruh dunia memperkenalkan program pelonggaran moneter agresif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk perak untuk pengiriman Juli juga naik 15 sen, atau 0,69 persen, menjadi ditutup pada 21,796 dollar AS per ounce.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.