Kompas.com - 13/06/2013, 11:05 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten pertambangan terintegrasi, PT ABM Investama Tbk (ABMM), melalui anak usahanya PT Cipta Kridatama menandatangani kontrak senilai 428 juta dengan PT Kaltim Jaya Bara untuk lima tahun, Rabu (12/6/2013). Penandatanganan dilakukan Presiden Direktur Cipta Kridatama Yovie Priadi dan Presiden Direktur KJB Djohansyah R di Jakarta.

"Kontrak dengan Kaltim Jaya Bara adalah pencapaian yang signifikan bagi kami. Bukan hanya karena nilai kontraknya, namun juga karena sinergi dan prospek pengembangan jangka panjang yang dapat kami tumbuhkan bersama Kaltim Jaya. Kami akan melakukan pengerjaan sejak sebelum proses persiapan penambangan (green field project) termasuk pembangunan hauling road sepanjang 30 kilometer dari lokasi pertambangan ke pelabuhan Kaltim Jaya," ujar Yovie Priadi.

Kontrak ini termasuk untuk pengupasan lapisan tanah penutup (overburden removal), penyewaan alat berat, dan pembangunan infrastruktur menuju ke lokasi pertambangan. Proyek ini selaras dengan rencana Cipta Kridatama di 2013 untuk mulai mengembangkan sayap bisnis tidak hanya sebagai penyedia jasa pertambangan, namun juga penyedia jasa konstruksi.

Kaltim Jaya Bara memiliki cadangan batubara berkalori 5.600 GAR (sub-bituminuous) dengan perkiraan life of mine lebih dari 10 tahun. Perusahaan itu juga sudah memiliki kontrak jangka panjang dengan pembeli (off-taker) sehingga dapat menjamin keberlangsungan produksi hingga penjualan produk Kaltim Jaya Bara.

"Dengan pengalaman yang telah dimiliki Cipta Kridatama, didukung oleh tim yang profesional dan fokus kami di bisnis ini, kami yakin dapat menjalani proyek ini dengan baik," tambah Yovie.

Target overburden removal di akhir proyek ini pada 2018 adalah sebesar 151,5 juta bank cubic meter (BCM).

Direktur Kaltim Jaya Bara, Bungai Ongo, menyatakan sinergi itu merupakan pilar penting dalam strategi pengembangan operasi tambang Kaltim Jaya. "Kami senang dan sangat mengapresiasi profesionalitas jajaran manajemen CK selama proses negosiasi dan perancangan rencana dasar pengembangan operasi tambang KJB," kata Bungai.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X