BI Rate Bisa Dongkrak Rupiah Menguat

Kompas.com - 13/06/2013, 16:20 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) telah menaikkan suku bunga acuan BI (BI rate) sebesar 25 bps ke 6 persen. Harapannya, nilai tukar rupiah akan menguat dalam waktu dekat.

Ekonom BNI Ryan Kiryanto menilai langkah yang dilakukan BI saat ini sudah tepat. Sebab hal tersebut untuk mengantisipasi keputusan kebijakan kenaikan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang rencananya naik 17 Juni 2013.

"Kebijakan BI untuk menaikkan suku bunga acuannya ini tentu saja akan menguatkan rupiah yang selama ini terus melemah," kata Ryan kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (13/6/2013).

Namun berdasarkan kurs tengah BI, rupiah hari ini diperdagangkan Rp 9.887 per dollar AS, masih melemah tipis dibanding perdagangan kemarin sebesar Rp 9.856 per dollar AS.

Ryan menambahkan, kebijakan ini juga melengkapi keputusan BI yang telah menaikkan suku bunga deposit rate atau Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (Fasbi) sebesar 25 bps ke 4,25 persen. Dua kebijakan ini, kata Ryan, diharapkan dapat mengendalikan lonjakan inflasi pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.

Di sisi lain, dua kebijakan ini juga akan meningkatkan optimisme pasar soal kepastian dukungan pemerintah terhadap investor, khususnya soal mengantisipasi kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Namun ada peluang bagi BI untuk kembali menaikkan BI rate atau Fasbi sebesar 25 bps di Juli 2013, untuk meredam efek negatif kenaikan harga BBM bersubsidi," tambahnya.

Ryan memerkirakan kenaikan harga BBM pada pertengahan Juni ini akan mengerek inflasi sebesar 6,5-7,5 persen. Risiko inflasi inilah, kata Ryan, yang menjadi alasan BI untuk menaikkan BI rate maupun deposit rate (Fasbi).

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X