Kompas.com - 14/06/2013, 08:06 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah diperkirakan masih akan mengalami tekanan dari sisi eksternal pada perdagangan Jumat (14/6/2013). Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan rupiah akan bergerak di rentang Rp 9.850-9.880 per dollar AS di akhir pekan ini.

Tekanan negatif dari pasar global hingga kemarin masih berlanjut. Bank Indonesia pun masih terus mengintervensi pasar. Rupiah ditutup melemah di Rp 9.885 per dollar AS (kurs tengah Bloomberg) mengikuti pelemahan mata uang Asia lainnya.

Pelemahan juga terjadi di bursa Asia termasuk bursa Indonesia (IHSG) yang ditutup turun 1,92 persen menjadi 4.607,66. Bursa AS naik 1,21 persen, tetapi bursa Eropa masih terkoreksi. Yield obligasi 10 tahun turun menjadi 2,149 persen.

BI akhirnya menaikkan suku bunga BI ratenya 25 basis poin menjadi 6 persen pada Rapat Dewan Gubernur, kemarin. Ini menyusul kenaikan FasBI sebesar 25 basis poin sehari sebelumnya menjadi 4,25 persen. Dalam siaran persnya, kebijakan tersebut merupakan preemptive policy merespon ekspektasi inflasi yang terus meningkat di tengah tekanan jual di pasar global saat ini. BI juga bakal tetap melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah.

Menurut ekonom Samuel, Lana Soelistianingsih, koreksi di pasar Asia tampaknya mulai mereda. Indeks future Asia mulai tercatat variatif. Pasar Asia kemungkinan mulai variatif pula. Untuk rupiah kemungkinan ada sedikit penguatan tetapi masih dalam penjagaan BI.

 "Perdagangan harian masih bisa di atas Rp 10.000 per dollar AS. Rupiah kemungkinan bisa ditutup di Rp 9.850-9.880 per dollar AS," kata Lana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X