Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Capek Bicara BBM, Pemerintah Lambat!

Kompas.com - 14/06/2013, 13:45 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla alias JK mengkritik sikap pemerintah dalam mengambil kebijakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. JK menilai pemerintah terlalu lamban bersikap sehingga menimbulkan banyak dampak.

"Terlalu lama sih bicaranya. Capek kita bicara BBM. Selama kita anggap perlu, dianggap penting, ya sudah laksanakan saja. Ini kan akibat dari kelambatan," kata JK seusai memberi kuliah umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di Salemba, Jakarta, Jumat (14/6/2013).

Hal itu dikatakan JK ketika dimintai tanggapan aksi penolakan kenaikan harga BBM di berbagai daerah. Sebagian aksi unjuk rasa berlangsung ricuh.

JK mengatakan, pemerintah seharusnya tidak perlu menunggu pembahasan soal kompensasi di Dewan Perwakilan Rakyat. Dana program bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM), kata JK, bisa diambil dari pengurangan subsidi BBM.

"(Anggaran) kita sudah defisit. Subsidi ini sudah dibayar dengan utang. Jadi Anda pakai utang rakyat. Anda naik mobil, naik motor, itu subsidinya anak Anda nanti yang bayar. Mau enggak Anda?" kata politisi Partai Golkar itu.

Seperti diberitakan, pemerintah berencana menaikkan harga premium menjadi Rp 6.500 per liter dan solar Rp 5.500 per liter. Jika direalisasikan, sebanyak 15,53 juta keluarga miskin akan menerima uang tunai Rp 150.000 per bulan selama lima bulan dan kompensasi dalam bentuk program lainnya.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, harga BBM akan dinaikkan jika program kompensasi siap. Pasalnya, rakyat miskin akan terkena dampak langsung ketika harga barang-barang naik mengikuti kenaikan harga BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com