Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Transmisi, PLN Terbitkan Obligasi Rp 12 Triliun

Kompas.com - 14/06/2013, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) kembali mencari pendanaan dengan menerbitkan surat utang berkelanjutan sebesar Rp 12 triliun. Jumlah itu terbagi atas Obligasi Berkelanjutan I sebesar Rp 10 triliun dan Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Rp 2 triliun.

Melalui prospektus yang disampaikan perseroan, Jumat (14/6/2013), disebutkan untuk tahap I perseroan menerbitkan obligasi sebesar Rp 3 triliun, yang terbagi atas Obligasi Berkelanjutan I Tahap I sebesar Rp 2,5 triliun dan Sukuk Ijarah I Tahap I senilai Rp 500 miliar.

Dalam aksi korporasi tersebut, PLN dibantu oleh PT Bahana Securities, PT Danareksa Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Adapun yang bertindak sebagai waliamanat adalah PT Bank Permata Tbk. Surat utang yang diterbitkan PLN itu masing-masing mendapatkan peringkat idAAA dari Pefindo.

Dana yang diperoleh akan dipakai untuk kegiatan investasi berupa pengembangan jaringan transmisi di seluruh Indonesia. Per akhir 2012, perseroan mencatatkan pendapatan sebesar Rp 126,72 triliun atau naik 12,3 persen dari akhir 2011 Rp 112,844 triliun.

Sementara itu, laba bersih perseroan pada akhir tahun lalu sebesar Rp 3,2 triliun atau turun dari tahun sebelumnya Rp 5,42 triliun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com