Kompas.com - 14/06/2013, 20:02 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

BRUSSELS, KOMPAS.com - Inflasi tahunan 17 negara yang masuk dalam zona euro naik menjadi 1,4 persen pada Mei, dari bulan sebelumnya 1,2 persen. Hal itu sesuai dengan perkiraan para analis yang memprediksi inflasi di kawasan Eropa naik.

Inflasi tersebut masih lebih rendah dari estimasi bank sentral Eropa, yang memperkirakan inflasi pada Mei berada di level 2,4 percent. Howard Archer, analis IHS Global Insight mengatakan inflasi tahunan itu tidak terlalu signifikan menyebabkan tekanan pada perekonomian.

Turunnya inflasi pada April yang berada di level 1,2 persen dibandingkan pada bulan Maret sebesar 1,7 persen lantaran Paskah jatuh pada Maret 2013. Sementara itu April 2012, harga makanan naik akibat kondisi cuaca yang tidak biasa. Kondisi tersebut menyebabkan inflasi tahunan pada April 2013 turun.

Dia menambahkan, bahwa negara-negara di kawasan Eropa berupaya untuk berjuang mencatatkan pertumbuhan ekonomi. Adapun negara yang mencatat inflasi yang lebih tinggi dari rata-rata adalah Estonia (3,6 persen) dan Belanda (3,1 persen), sedangkan Yunani hanya 0,3 persen dan Siprus 0,2 persen.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.