Kompas.com - 15/06/2013, 11:48 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mendorong pelaku usaha untuk lebih gencar berpromosi guna menangkap peluang pasar yang terbuka lebar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Menurut Gita, ada banyak pameran yang bisa diikuti oleh pelaku usaha nasional sebagai sarana promosi. "Peluang pasar dalam negeri Indonesia sangat besar dan terus menunjukkan tren positif. Paradigma ini perlu ditingkatkan karena merupakan langkah awal penguatan pasar dalam negeri yang harus dicapai secara optimal," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (15/6/2013).

Gita menambahkan, selama ini, sektor konsumsi masih menjadi kontributor mayoritas bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan konsumsi masyarakat yang terus meningkat, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan terus melonjak.

Di sisi lain, Gita juga mengharapkan para pengusaha untuk terus meningkatkan kualitas produk nasionalnya agar dapat masuk dalam rantai nilai (value chain) perdagangan internasional. Imbasnya nanti akan dapat mendongkrak peningkatan ekspor nasional.

Untuk itu, dia akan mendukung agar produk dalam negeri bisa menjadi tuan rumah di negerinya sendiri, apalagi di tengah serbuan produk impor. Pemerintah juga mengharapkan masyarakat agar mau mencintai produk dalam negeri. Hal tersebut diwujudkan dengan selalu mengonsumsi barang produksi anak negeri.

"Kami mengajak masyarakat untuk mencintai produk Indonesia, bangga memakai produk dalam negeri, dan meningkatkan upaya kearifan pangan lokal Indonesia," kata Gita.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.