Penjualan TelkomVision ke CT Corp Tak Berdasar

Kompas.com - 15/06/2013, 16:42 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan TelkomVision oleh PT Telekomunikasi Indonesia kepada CT Corp memunculkan beragam pertanyaan. Perusahaan televisi kabel itu sebenarnya telah secara ekstensif menggunakan teknologi satelit dan kabel sekaligus.

Ekonom Sustainable Development Indonesia, Drajad H. Wibowo mengungkapkan TelkomVision mempunyai keuntungan dibanding pesaingnya, karena menggunakan satelit milik Telkom sendiri, yaitu Telkom 1 (C-band). Selain itu, TelkomVision juga diuntungkan karena menggunakan infrastruktur kabel yang sebagian besar sudah tersedia.

"Pemain terbesar TV berbayar saja, yaitu Indovision milik MNC group baru mulai masuk ke kabel. First Media milik Lippo Group juga menggunakan kabel, namun belum seluas jaringan Telkom. Saat ini cakupan TV kabel analog TelkomVision meliputi Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Bali. Sementara layanan kabel digital tersedia di Jakarta, Bandung dan Surabaya," jelas Drajad Wibowo dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (15/6/2013).

Untuk itu, penjualan TelkomVision kepada CT Corp tidak memiliki alasan sama sekali. Jika Telkom membutuhkan likuiditas, BUMN telekomunikasi ini dapat meraih dana dari pasar dengan mudah, apalagi hanya 100 juta dollar lebih.

"TelkomVision adalah salah satu masa depan Telkom. Bisnis seluler sekarang ini cenderung menurun ARPU-nya (average revenue per user). Penerimaan per user dari suara dan pesan singkat cenderung turun, dan bisnis seluler makin tergantung pada layanan data," jelas Drajad.

Sebelumnya diberitakan, CT Corp mengakuisisi 80 persen saham TelkomVision dengan nilai di atas 100 juta dollar AS.Setelah akuisisi, Telkom hanya memiliki 20 persen. CT Corp nanti lebih banyak menyediakan konten, sementara infrastruktur menjadi tanggung jawab Telkom. Telkom menggunakan Morgan Stanley sebagai penasihat keuangan.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X