Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demo Tolak BBM, Mahasiswa Bawa Poster Eyang Subur

Kompas.com - 17/06/2013, 12:24 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Ratusan mahasiswa menggelar unjuk rasa menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Malang, Jawa Timur, Senin (17/6/2103). Dalam aksinya, mereka membawa poster bergambar Eyang Subur dan pesepakbola, striker tim nasional Italia, Mario Balotelli.

Poster bergambar Eyang Subur itu bertuliskan "Jika harga BBM naik, mau dikasih makan apa istri saya". Sementara isi poster Balotelli, "Harga BBM naik, malah orang miskin naik".

"Kita menampilkan poster Eyang Subur dan Balotelli hanya sebagai aktor tambah," jelas koordinator aksi dari BEM Universitas Brawijaya Malang, Reza Pahlevi kepada Kompas.com ditemui di sela-sela aksi, Senin.

Menurut Reza, semua rakyat sudah tahu bahwa Presiden SBY berbohong kepada rakyat. Pun orang luar Indonesia juga, menurutnya, akan menilai demikian.

"Karena jika dibilang APBN itu bocor, bukan digunakan untuk rakyat, tetapi untuk kebutuhan pejabat negara sendiri," tegas Reza.

Karenanya, tegas Reza, jika pemerintah beralasan bahwa kenaikan harga BBM disebabkan APBN jebol demi subsidi rakyat sangat tidak masuk akal.

"Sebanyak 66 persen uang negara itu kemana? Seharusnya itu yang ditelusuri. APBN memang jebol tapi sebanyak Rp 350 triliun itu untuk belanja negara. Sementara untuk subsidi rakyat, itu hanya Rp 199 triliun," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com