Kompas.com - 17/06/2013, 17:55 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bosowa Corporindo (Bosowa) membeli 14 persen saham PT Bank Bukopin Tbk di harga Rp 1.050 per saham, dengan nilai total mencapai Rp 1,17 triliun. Hal ini sekaligus mengonfirmasi kabar yang beredar sebelumnya, yang menyebutkan bahwa Bosowa membeli bank tersebut dengan harga premium.

Presiden Direktur Bosowa Corporindo Erwin Aksa mengatakan, pada tanggal 13 Juni 2013 lalu Bosowa telah menandatangani perjanjian jual beli (sales and purchase agreement/SPA) pengalihan saham Bank Bukopin dengan Kopelindo dan Yabinstra. Sesuai kesepakatan itu, Kopelindo dan Yabinstra mengalihkan saham Kelas B masing-masing sebesar 4,6 persen dan 9,4 persen kepada Bosowa Corporindo.

"Untuk itu, kami menyambut baik tercapainya kemitraan strategis dengan pemegang saham Bank Bukopin yaitu Koperasi Karyawan Perum Bulog (Kopelindo) dan Yayasan Bina Sejahtera Warga Bulog (Yabinstra) untuk ikut mendukung akselerasi bisnis Bank Bukopin di masa depan," ujar Erwin Aksa melalui siaran pers, Senin (17/6/2013).

Masuknya Bosowa ke Bank Bukopin akan memperkuat permodalan bank tersebut, dan bersama-sama mendorong percepatan dan pengembangan bisnis Bukopin, khususnya di sektor usaha kecil dan menengah (UKM) secara berkelanjutan.

Erwin menambahkan, kemitraan strategis ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk terus membesarkan dan meningkatkan kontribusi Bank Bukopin di sektor.

Sebelum menjadi mitra strategis di Bank Bukopin, Bosowa telah memiliki pengalaman panjang di sektor keuangan. Di antara 10 sektor usaha yang menjadi fokus Bosowa, sektor jasa keuangan merupakan salah satu bisnis yang mengalami pertumbuhan signifikan.

Bisnis keuangan yang dijalankan Bosowa saat ini adalah bisnis asuransi melalui PT Asuransi Bosowa Periscop, bisnis pembiayaan melalui PT Bosowa Multifinance dan Sadira Finance, bisnis sekuritas melalui PT Royal Trust Capital dan industri perbankan dengan menjadi mitra strategis di PT QNB Bank KesawanTbk.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.