Penjualan Motor Bakal Susut 9,86 Persen

Kompas.com - 18/06/2013, 08:40 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bakal berimbas ke penjualan motor. Total sepeda motor yang terjual sepanjang tahun ini diproyeksikan sebanyak 6,4 juta unit-6,6 juta unit, menyusut sekitar 9,86 persen dibandingkan penjualan pada 2012 yang mencapai 7,1 juta unit.

"Kenaikan BBM akan memicu kenaikan inflasi, hingga konsumen level bawah akan mengutamakan kebutuhan pokok," ujar Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Indonesia (AISI), Senin (17/6/2013). Penurunan penjualan terbanyak, sebut dia, akan terjadi pada sepeda motor dengan harga di bawah Rp 14 juta per unit. Selain kenaikan harga BBM, imbuh Sigit, penurunan penjualan sepeda motor kelas ini juga dipicu aturan kenaikan uang muka atau down payment kredit kendaraan.

Dengan hitungan penjualan sepeda motor sekitar 6,6 juta unit pada 2012, Sigit memperkirakan penjualan sepeda motor tipe sport akan membukukan pertumbuhan tertinggi pada 10-15 persen, naik dari pertumbuhan tahun lalu yang sebesar 9 persen. Sementara itu, penjualan skuter diproyeksikan masih tumbuh 8-9 persen.

Menurut Sigit, penjualan sepeda motor jenis underbone atau motor bebek tahun ini diperkirakan bakal anjlok sekitar 10 persen. "Penjualan motor bebek tidak ada pergerakan. Di bulan Mei saja, penjualan sudah turun tajam. Terlebih lagi, daerah-daerah yang infrastrukturnya kurang memadai lebih memilih menggunakan mobil kap," kata dia.

Hingga Mei 2013, total penjualan sepeda motor tercatat 3,27 juta unit. Dari jumlah itu, penjualan motor tipe skuter menyumbang 63,42 persen dari total penjualan. Selanjutnya, tipe bebek dan sport yang masing-masing menyumbang 23,41 dan 13,17 persen.

Dari semua produk sepeda motor yang terjual hingga Mei 2013, lanjut Sigit, Honda memasok angka penjualan 1,97 juta unit. Sementara itu, Yamaha menjual 1,06 juta unit. Adapun Suzuki dan Kawasaki masing-masing mampu menjual 168.093 unit dan 61.714 unit.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X