Menteri ESDM: Orang Indonesia Kreatif "Mencuri" BBM Subsidi

Kompas.com - 18/06/2013, 15:03 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, masyarakat Indonesia akan panik mendengar kabar kenaikan harga BBM bersubsidi. Saat panik, Jero menilai masyarakat Indonesia menjadi kreatif untuk menimbun BBM bersubsidi sebelum harganya dinaikkan.

"Menjelang kenaikan harga BBM subsidi, orang Indonesia kreatif mencuri BBM subsidi dengan membeli BBM secara full," ujar Jero Wacik di Hotel Grand Hyatt, Selasa (18/6/2013).

Jero pun mempersilakan masyarakat yang ingin mengisi penuh bensin ke tangki mobil dan motornya menjelang kenaikan harga BBM. Jero menjelaskan, tangki mobil paling penuh 60 liter, dipakai 20 liter untuk aktivitas, lalu beli 20 liter lagi.

Bagi Jero, kegiatan masyarakat Indonesia seperti itu adalah hal yang wajar dan bukan dikategorikan kejahatan atas penimbunan.

Namun, ia menilai hal tersebut adalah hal yang sia-sia dilakukan karena cepat atau lambat masyarakat harus bisa merasakan kenaikan harga BBM bersubsidi. "Mau isi BBM penuh, silakan isi penuh. Ini kan gejala psikologis dari kenaikan harga BBM," papar Jero.

Jika ada penimbunan dengan skala besar, dia menilai hal tersebut sudah menjadi kejahatan dan harus ditangkap. Untuk itu, pihak pemerintah telah bekerja sama dengan pihak keamanan negara menjaga penimbunan BBM bersubsidi menjelang pengumuman nanti.

"Kalau ada penimbunan tangkapilah, kan ada sudah kerja sama dengan TNI, Intelijen, begitu ada pengumanan, beli penuh itu dengan tangki besar, itu namanya nimbun besar, tangkaplah itu," kata Jero. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

 

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X