BLSM Mulai Dibagikan Akhir Bulan Ini

Kompas.com - 18/06/2013, 19:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dipastikan akan naik pada pekan ini. Sebagai kompensasinya, pemerintah akan memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang rencananya diserahkan ke masyarakat pada akhir Juni 2013.

"Saat ini sedang hitung-hitungan subsidinya oleh Kementerian Keuangan. Kalau sudah selesai, insya Allah pekan ini sudah bisa naik (BBM bersubsidi). Akhir Juni, baru turun BLSM," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring yang juga Sekretaris Tim Sosialisasi Kenaikan harga BBM di Kompleks Parlemen, Selasa (18/6/2013).

Dana BLSM akan diberikan selama empat bulan berturut-turut sebesar Rp 150.000, per keluarga. Sasaran dari program BLSM ini mencapai 15,5 juta keluarga miskin. Tifatul menjelaskan dana BLSM dipastikan akan tepat sasaran.

"Nantinya akan dikirim by name dan by address, jadi bagaimana diselewengkan. Dana ini juga akan diambil langsung di kantor pos," ucapnya.

Selain itu, Tifatul menjelaskan masyarakat miskin akan mendapatkan raskin sebanyak dua kali dalam satu bulan dengan jumlah 30 kilogram. Raskin dapat diambil dengan menggunakan Kartu Perlindungan Sosial (KPS) yang telah dibagikan.

"KPS ini juga bisa di-scan sehingga tidak bisa berpindah tangan apalagi diperjualbelikan," ucap Tifatul. Sebelumnya, DPR akhirnya mengesahkan RAPBN-P 2013 dalam rapat paripurna yang dilaksanakan pada Senin (17/6/2013).

Di dalam rancangan itu terdapat dana kompensasi seperti BLSM, Bantuan Siswa Miskin, Program Keluarga Harapan (PKS), dan Raskin. Pekan ini, rencananya akan diumumkan kenaikan harga BBM bersubsidi. Harga premium yang sebelumnya Rp 4.500 menjadi Rp 6.500 per liter, sedangkan harga solar yang sebelumnya Rp 4.500 menjadi Rp 5.500 per liter.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
    EditorBambang Priyo Jatmiko

    Close Ads X