Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktunya Perbankan Bersikap Global

Kompas.com - 19/06/2013, 11:13 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Globalisasi menjadi tantangan penting dan berat bagi dunia perbankan. Perusahaan yang menafikan gobalisasi sebagai fenomena dunia, akan tergulung dan jatuh. Demikian antara lain yang mengemuka dalam pembukaan Konferensi Tahunan Bank CIMB tingkat Asia Pasifik di Kuala Lumpur.

"Budaya lokal sangat penting untuk dipertahankan, tetapi kita harus berani menggeser sedikit nilai lokal itu untuk dikombinasikan dengan nilai global," ujar Takumi Shibata, Former Nomura Holdings Group COO saat memberi ceramah dalam pertemuan tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/6/2013).

Pertemuan ini dihadiri para pejabat Bank CIMB dari Malaysia, Thailand, dan Singapura

Takumi menambahkan, nilai-nilai globali perlu diserap agar perusahaan mampu bertahan.

Hal tersebut dikuatkan oleh Group Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak. Dia menggambarkan betapa krisis ekonomi yang melanda Amerika pada 2008 turut memukul perbankan di Asia. Meskipun perekonomian Asia relatif aman, namun peristiwa di Amerika itu menyebarkan ketakutan di Asia.

Dato menambahkan, untuk itu, perlu penguatan kepemimpinan perusahaan di Asia. Ini perlu juga menyerap nilai-nilai global atau Barat. ketika Barat bertemu dengan Timur, akan menjadi fusi ideal dalam redefinisi kepemimpinan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com