Jelang Kenaikan BBM, Pengusaha Diminta Tidak Naikkan Harga Barang

Kompas.com - 21/06/2013, 14:05 WIB
Ilustrasi: Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. KOMPAS.com/ JunaediIlustrasi: Harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Suryo Bambang Sulisto meminta kalangan pengusaha untuk tidak menaikkan harga. Terlebih lagi, pemerintah akan mengumumkan kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi sebentar lagi.

"Kami mengimbau kepada dunia usaha untuk menahan diri agar produsen tidak menaikkan harga barang," kata Suryo saat konferensi pers di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat (21/6/2013).

Suryo menambahkan, pengusaha bisa melakukan kenaikan harga, tetapi masih dalam tahap wajar-wajar saja sehingga risiko kenaikan harga itu pun tidak akan memberatkan masyarakat, apalagi bagi masyarakat miskin.

Di sisi lain, Suryo meminta pengusaha untuk menjaga pasokan pangan agar saat pemerintah resmi menaikkan harga BBM, pasokan pangan di pasar sudah tersedia sehingga gejolak kenaikan harga bisa diredam.

"Jadi, bila stok pangan tersedia, tidak ada alasan bagi pengusaha atau pedagang untuk menaikkan harga barang," tambahnya.

Di tempat yang sama, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofyan Wanandi akan berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga barang di pasar. Namun, pihaknya meminta kepada pemerintah untuk mengantisipasi sumbatan-sumbatan, baik masalah distribusi maupun infrastruktur agar tidak menghambat penyaluran barang.

"Kami sudah berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga barang di pasar. Tapi, masalah bottleneck juga harus segera diselesaikan. Ini biar tidak menghambat bisnis kami," kata Sofyan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihaknya mengaku akan membantu pemerintah dalam menjamin pasokan barang di pasar. Saat ini, Sofyan mengaku semua stok pangan masih aman.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X