Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9.000 Ton Cabai Impor Segera Masuk

Kompas.com - 28/06/2013, 07:59 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com — Tak mampu mengatasi kenaikan harga cabai, pemerintah mengambil jalan pintas. Pada semester II-2013, pemerintah membuka keran impor cabai sebanyak 9.000 ton.

Direktur Jenderal Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Bachrul Chairi, menyatakan, impor cabai tersebut akan masuk setelah panen atau pada akhir tahun.

Kementerian Pertanian (Kementan) sudah mengeluarkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk komoditas cabai.

"Kami sudah mengeluarkan surat persetujuan impor kepada tiga importir yang mendapat alokasi impor dari Kementerian Pertanian," kata Bachrul, Kamis (27/6/2013).

Indonesia akan mengimpor cabai dari beberapa negara, seperti Vietnam dan China. Sementara untuk lama waktu pengirimannya, Bachrul menyatakan akan memakan waktu tujuh hari hingga 14 hari.

Berdasarkan pantauan dari Kemendag, selama tiga bulan terakhir, harga cabai merah menunjukkan tren naik. Rata-rata, harga cabai merah pada April sekitar Rp 24.000 sampai Rp 25.000 per kilogram (kg). Mei 2013, harga cabai naik menjadi Rp 28.000 per kg.

Pada awal Juni ini, harga cabai sudah tembus hingga ke level Rp 33.000 sampai Rp 34.000 per kg. (Handoyo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com