Akhiri Pekan Turbulensi, Bursa Asia Ditutup Menghijau

Kompas.com - 28/06/2013, 15:26 WIB
Papan elektronik memajang perkembangan di bursa saham Nikkei, Jepang. KAZUHIRO NOGI / AFPPapan elektronik memajang perkembangan di bursa saham Nikkei, Jepang.
EditorBambang Priyo Jatmiko


HONG KONG, KOMPAS.com — Bursa saham di Asia Pasifik mayoritas ditutup menguat pada akhir pekan ini, merespons langkah cepat bank sentral AS, Federal Reserve, yang segera menenangkan pasar menyusul akan selesainya program stimulus ekonomi.

Indeks Nikkei menguat setelah dollar AS melemah terhadap yen, menyusul dirilisnya data ekonomi yang lebih baik dari yang diharapkan.

Sementara itu, bursa Hongkong dan Shanghai juga ditutup naik setelah bank sentral China berjanji akan melakukan penyesuaian kebijakan untuk mengatasi kekeringan likuiditas.

Bursa Tokyo ditutup naik 3,51 persen atau 463,77 poin, menjadi 13.677,32 dan untuk bursa Hongkong pada pada sesi kedua ditutup menguat 1,21 persen, sedangkan bursa Shanghai berhasil mengakhiri pekan yang penuh dengan turbulensi dengan mencatatkan kenaikan 1,50 persen atau 29,19 poin, menjadi 1.979,21.

Bursa Seoul juga mencatatkan penguatan pada sesi penutupan pekan ini, yaitu sebesar 1,56 persen atau menguat 28,62 poin menjadi 1.863,32. Akan tetapi, bursa Sydney ditutup melemah 0,18 persen di level 4.802,6 lantaran aksi ambil untung investor.

Prospek positif muncul setelah Gubernur Federal Reserve, Ben Bernanke, menyatakan segera memulai kembali program pembelian surat utang Pemerintah AS.

Kondisi tersebut membuat pasar saham di Asia naik secara berturut-turut dalam beberapa hari ini sebagai respons atas pernyataan the Fed tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.