Kompas.com - 01/07/2013, 10:58 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Chatib Basri mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 92/PMK.05/2013 mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Gaji/Pensiun/Tunjangan bulan ke-13 tahun anggaran 2013 kepada pegawai negeri, pejabat negara, dan penerima pensiun/tunjangan.

Berdasarkan salinan yang diperoleh Kompas.com, Senin (1/7/2013), besarnya gaji/pensiun/tunjangan bulan ke-13 adalah sebesar penghasilan sebulan yang diterima pada Juni 2013.

Penghasilan sebulan pegawai negeri dan pejabat negara yang dimaksud PMK ini meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum, dan tunjangan kinerja/Tunjangan Khusus Pembinaan Keuangan Negara (TKPKN).

Dalam PMK ini, yang dimaksud dengan pegawai negeri adalah pegawai negeri sipil (PNS), anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

Adapun pejabat negara yang juga menerima gaji ke-13 terdiri dari presiden dan wakil presiden; ketua, wakil ketua, dan anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat; ketua, wakil ketua, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat; ketua dan wakil ketua Mahkamah Konstitusi, serta hakim Konstitusi; ketua, wakil ketua, ketua muda, dan hakim agung pada Mahkamah Agung.
            
Kemudian, hakim pada Badan Peradilan Umum, peradilan Tata Usaha Negara, peradilan Agama, peradilan Militer, dan hakim yang dipekerjakan untuk tugas peradilan (yustisial); ketua, wakil ketua, dan hakim Pengadilan Pajak; ketua, wakil ketua, dan anggota Badan Pemeriksa Keuangan; ketua dan wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi; ketua, wakil ketua, dan anggota Komisi Yudisial; menteri dan jabatan yang setingkat menteri; kepala perwakilan Republik Indonesia yang berkedudukan sebagai duta besar luar biasa dan berkuasa penuh; gubernur dan wakil gubernur; serta bupati/wali kota dan wakil bupati/wakil wali kota.

Pembayaran gaji/tunjangan ke-13 bagi PNS, anggota TNI/Polri, dan pejabat negara dilakukan pada bulan Juni 2013. Namun, bila belum dapat dibayarkan pada Juni, pembayarannya dapat dilakukan setelah bulan Juni 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.