Tresna Siapkan 7 Program Jika Terpilih Jadi Deputi Gubernur BI

Kompas.com - 01/07/2013, 17:05 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi XI DPR saat ini sedang menggelar fit and proper test terhadap 3 kandidat Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI). Salah satu kandidat yang hadir adalah Direktur Eksekutif Pengelolaan Devisa BI, Tresna W Suparyono.

Dalam fit and proper test  yang dilaksanakan hari ini, Senin (1/7/2013), Tresna mengaku punya tujuh program yang akan dilaksanakan jika ia terpilih menjadi Deputi Gubernur BI. Berikut adalah program yang dipersiapkan Tresna tersebut:

Pertama, peningkatan kerja sama antar Bank Sentral. Kedua, peningkatan kinerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

Ketiga, penelitian track record bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui pengembangan inklusi finansial. Keempat, perluasan implementasi inti plasma dalam pembiayaan UMKM.

Kelima, menciptakan wirausahawati (woman entrepreneurship) dengan cara melakukan edukasi keuangan. Keenam, peningkatan harmonisasi hubungan BI dengan sesama penentu kebijakan serta stake holder lainnya, dan ketujuh, penguatan kantor Perwakilan BI di dalam negeri.

Setelah menyampaikan tujuh program tersebut, Melkias Mekeng, Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar mempertanyakan bagaimana cara Tresna membuat program menciptakan wirausahawati, padahal pada saat yang sama Peraturan BI mempersulit pelaku usaha kecil mengakses bantuan kredit perbankan.

"Faktanya aturan BI mengharuskan si pelaku usaha mempunyai pembukuan terlebih dahulu selama 3 tahun," kata Mekeng.

Menanggapi pertanyaan tersebut, Tresna menjawab, bahwa menciptakan wirausahawati bisa dilakukan dengan cara menggandeng pihak-pihak terkait untuk membuat berbagai pelatihan atau edukasi keuangan. (Adhitya Himawan)



Sumber Kontan
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X