Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Manufaktur China Terendah dalam 9 Bulan

Kompas.com - 01/07/2013, 19:23 WIB


BEIJING, KOMPAS.com - Aktivitas manufaktur China tercatat berada di posisi terendah dalam 9 bulan terakhir ini. Hal ini semakin menunjukkan bahwa China memang sedang menghadapi perlambatan ekonomi.

Dari data yang dirilis HSBC menunjukkan indeks manajer pembelian (purchasing managers index/PMI) pada Juni berada di level 48,2 atau turun dari bulan sebelumnya 49,2 pada Mei, sekaligus berada pada posisi terendah sejak September 2012.

Indeks tersebut menjadi indikator dari berbagai aktifitas manufaktur di China, serta bisa menjadi tolok ukur kesehatan ekonomi negara tersebut.

Data resmi yang dirilis oleh Pemerintah China juga menunjukkan hal yang sama, kendati angkanya berbeda. Dalam hal ini, PMI Juni versi pemerintah adalah 50,1 dari Mei yang berada di level 50,8.

“Anjloknya pesanan serta naiknya cadangan makin menambah tekanan terhadap pelaku industri China," ujar ekonom HSBC, Qu Hongbin Senin (1/7/2013).

Di sisi lain, ketatnya likuiditas di pasar uang antarbank selama lebih dari dua pekan menyebabkan pelaku industri yang berskala kecil kesulitan memperoleh pendanaan.

Karena Pemerintah China memilih untuk menahan diri dalam memberikan stimulus, kemungkinan perlambatan ekonomi akan terus berjalan hingga beberapa bulan ke depan," lanjutnya.

Sementara itu, dua ekonom ANZ, Liu Ligang dan Zhou Hao menjelaskan turunnya PMI China mengindikasikan bahwa perlambatan telah terjadi di seluruh aspek perekonomian.

"Ketatnya likuiditas perbankan akan semakin memperparah perlambatan ekonomi, di mana hal itu terkait dengan naiknya suku bunga perbankan sehingga meningkatkan risiko perekonomian," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com