Indeks Manufaktur China Terendah dalam 9 Bulan

Kompas.com - 01/07/2013, 19:23 WIB
Kegiatan pekerja di salah satu pabrik di Provinsi Hunan, China BloombergKegiatan pekerja di salah satu pabrik di Provinsi Hunan, China
EditorBambang Priyo Jatmiko


BEIJING, KOMPAS.com - Aktivitas manufaktur China tercatat berada di posisi terendah dalam 9 bulan terakhir ini. Hal ini semakin menunjukkan bahwa China memang sedang menghadapi perlambatan ekonomi.

Dari data yang dirilis HSBC menunjukkan indeks manajer pembelian (purchasing managers index/PMI) pada Juni berada di level 48,2 atau turun dari bulan sebelumnya 49,2 pada Mei, sekaligus berada pada posisi terendah sejak September 2012.

Indeks tersebut menjadi indikator dari berbagai aktifitas manufaktur di China, serta bisa menjadi tolok ukur kesehatan ekonomi negara tersebut.

Data resmi yang dirilis oleh Pemerintah China juga menunjukkan hal yang sama, kendati angkanya berbeda. Dalam hal ini, PMI Juni versi pemerintah adalah 50,1 dari Mei yang berada di level 50,8.

“Anjloknya pesanan serta naiknya cadangan makin menambah tekanan terhadap pelaku industri China," ujar ekonom HSBC, Qu Hongbin Senin (1/7/2013).

Di sisi lain, ketatnya likuiditas di pasar uang antarbank selama lebih dari dua pekan menyebabkan pelaku industri yang berskala kecil kesulitan memperoleh pendanaan.

Karena Pemerintah China memilih untuk menahan diri dalam memberikan stimulus, kemungkinan perlambatan ekonomi akan terus berjalan hingga beberapa bulan ke depan," lanjutnya.

Sementara itu, dua ekonom ANZ, Liu Ligang dan Zhou Hao menjelaskan turunnya PMI China mengindikasikan bahwa perlambatan telah terjadi di seluruh aspek perekonomian.

"Ketatnya likuiditas perbankan akan semakin memperparah perlambatan ekonomi, di mana hal itu terkait dengan naiknya suku bunga perbankan sehingga meningkatkan risiko perekonomian," ungkapnya.



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X