Menhub: Tarif Angkutan Kereta Api dan Kapal Laut Tidak Naik

Kompas.com - 01/07/2013, 19:45 WIB
Menteri Perhubungan, EE Mangindaan ketika hadir dalam Penutupan Latihan SAR di Manado. Kompas.com/Ronny Adolof BuolMenteri Perhubungan, EE Mangindaan ketika hadir dalam Penutupan Latihan SAR di Manado.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


MANADO, KOMPAS.com -- Menteri Perhubungan (Menhub) RI, EE Mangindaan berjanji bahwa tarif Angkutan kereta api dan kapal laut tidak akan dinaikkan saat Ramadhan dan Arus Mudik 2013.

"Kenaikan tarif angkutan untuk bus dan angkutan umum lainnya memang tidak bisa dihindari sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi," ujar Mangindaan, Senin (1/7/2013).

Mengantasipasi jumlah pemudik yang menggunakan kenderaan roda dua atau sepeda motor di Jawa, terutama yang keluar dari Jakarta ke daerah lainnya, pihaknya telah menyiapkan sejumlah strategi.

"Nanti ada dua kapal khusus yang disediakan untuk mengangkut sepeda motor dan juga ada kereta api khusus," jelas Mangindaan.

Tahun lalu, menurut Mangindaan, ada sekitar 2 juta kendaraan bermotor yang keluar dari Jakarta pada saat musim mudik. Setengah dari jumlah tersebut merupakan kenderaan roda dua. Banyaknya kenderaan roda dua yang keluar dari Jakarta memberikan kontribusi yang tinggi terhadap angka kecelakaan di jalan raya pada saat musim mudik.

"Kami berusaha untuk mengeliminir jumlah korban kecelakaan tahun ini, sebab dari 900an orang yang meninggal di jalan raya pada tahun lalu, terbanyak merupakan pengendara roda dua," tambah Mangindaan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X