Pemilihan Deputi Gubernur BI Diundur Jadi 8 Juli

Kompas.com - 02/07/2013, 14:03 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Ketua Komisi XI DPR Harry Azhar Azis mengatakan, pemilihan Deputi Gubernur Bank Indonesia akan diundur menjadi pada Senin (8/7/2013) mendatang. Padahal, pengambilan keputusan itu seharusnya dilakukan semalam.

"Sejak rapat mulai pukul 13.00 kemarin, mayoritas fraksi mengatakan belum cukup waktu untuk mengambil keputusan. Dengan demikian, mayoritas fraksi ingin agar pengambilan keputusan diundur pada minggu depan," kata Harry kepada Kompas.com, di Jakarta, Selasa (2/7/2013).

Harry mengatakan, hingga saat ini Komisi XI DPR sedang menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap tiga kandidat Deputi Gubernur BI, yaitu Asisten Gubernur BI Hendar, Asisten Gubernur BI Mulya Siregar, dan Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Devisa Tresna W Suparyono.

Tiga nama tersebut diajukan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Muliaman D Hadad yang mengundurkan diri. Nantinya salah satu dari tiga kandidat tersebut yang akan terpilih sebagai Deputi Gubernur BI.

"Namun, kami tidak memilih yang paling senior. Kami akan memilih figur yang tepat untuk bisa mengurus makro prudential sekaligus stabilitas sistem keuangan di BI. Tetapi untuk jabatan pastinya nanti terserah Gubernur BI," ujarnya.

Siapa pun yang akan menjadi Deputi Gubernur BI terpilih nanti, kata Harry, harus segera memprioritaskan apa yang telah menjadi visi dan misinya. Pihak DPR hanya berpesan bahwa BI harus mampu menjaga perbankan nasional dari caplokan asing.

"Memang ada beberapa kandidat yang memiliki perhatian terhadap isu kepemilikan oleh asing. Tetapi semua kandidat juga sama-sama berpeluang. Keputusan akhir tergantung fraksi nanti, bisa voting atau musyawarah mufakat dan langsung menetapkan figur menjadi Deputi Gubernur BI-nya," katanya.

Pengambilan keputusan ini juga akan dilakukan bersamaan dengan pengambilan keputusan untuk Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI). Menurut rencana, besok, Rabu (3/7/2013), Komisi XI DPR akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap 10 kandidat BSBI.

"Nantinya akan dipilih lima orang menjadi anggota BSBI. Pengumumannya akan dilakukan bersama-sama dengan pemilihan Deputi Gubernur BI pada 8 Juli nanti," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X