Melantai, Saham Electronic City Dibanderol Rp 4.050 Per Saham

Kompas.com - 02/07/2013, 17:19 WIB
Electronic City KONTAN/ MuradiElectronic City
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Electronic City Indonesia segera resmi menjadi perusahaan terbuka dalam waktu dekat ini. Rencananya, pencatatan saham perseroan di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan diselenggarakan pada Rabu (3/7/2013) besok di harga perdana Rp 4.050 per saham.

Sebelumnya, perusahaan ritel yang menjual produk elektronik ini melepas 333 juta saham atau 25 persen dari total modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Adapun rentang harga yang ditawarkan saat itu Rp 4.050-Rp 5.400 per saham.

Marciano Herman, Direktur Utama Danareksa Sekuritas, salah satu underwriter perhelatan ini, menjelaskan bahwa selama book building pada 5-14 Juni lalu, harga saham kliennya ditetapkan pada range bawah, Rp 4.050 per saham. "Ini merupakan kesepakatan kami dan emiten," imbuhnya, Selasa (2/7/2013).

Dengan level harga itu, artinya saham Electronic City memiliki price earning ratio atau PER sebanyak 12-13 kali. Memang, belum ada PER industri yang bisa dijadikan acuan murah atau tidaknya saham ECI, tetapi jika melihat PER PT Trikomsel Oke Tbk (TRIO) yang lini bisnisnya hampir mirip, maka PER perseroan sekitar tiga hingga empat poin lebih rendah dibanding PER TRIO, sebanyak 16 kali.

Marciano menambahkan, pihaknya menggandeng Credit Suisse Securities Indonesia dalam perhelatan ini. Dengan kata lain, saham perseroan ditawarkan tidak hanya untuk investor lokal, tetapi juga asing.

"Rincian jumlah investornya masih dalam audit Biro Administrasi Efek (BAE). Tapi yang jelas, porsi asing lebih dari 50 persen," tukas Marciano.

Lebih jauh Marciano menjelaskan, selama book building kemarin, saham perseroan tidak mengalami kelebihan permintaan sama sekali.

Kendati demikian, IPO ECI tidak mengalami revisi atau penurunan (downsize), baik dari sisi harga maupun jumlah saham yang ditawarkan. "Ini satu-satunya IPO yang tidak mengalami downsize," pungkasnya. (Dityasa H Forddanta)



Sumber Kontan
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X