Pemerintah Janji Akan Fasilitasi UMKM Akses Dana Perbankan

Kompas.com - 03/07/2013, 11:52 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah berjanji akan memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa lebih mengakses sumber dana di perbankan.

Menteri Negara Koperasi dan UKM Syariefuddin Hasan menuturkan keberadaan UMKM cukup penting untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Syariefuddin mengatakan, jumlah UMKM akan meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini jumlah pelaku usaha tersebut sekitar 56 juta di seluruh Indonesia. Ke depan diperkirakan, pelaku UMKM akan bertambah dan bisa menyerap tenaga kerja dengan jumlah lebih besar.

"Kontribusi 56 persen GDP dari UMKM, kalau begitu saya optimistis pertumbuhan kita akan lebih dari 6,3 persen dari UMKM," ujarnya di Gedung Kementerian Perekonomian, Rabu (3/7/2013).

Untuk itu, pemerintah berjanji akan terus memberikan kredit usaha rakyat (KUR), yang sudah dilaksanakannya sejak tahun 2007. Adapun outstanding hingga saat ini mencapai Rp 117 triliun.

KUR adalah kredit yang sumber dananya dari pihak ketiga, yang dihimpun dari perbankan. Saat ini sudah ada 26 bank daerah dan 6 bank pemerintah yang menerbitkan KUR.

Untuk itu, pemerintah sudah menyusun langkah-langkah untuk terus memfasilitasi UMKM agar bisa mengakses dana dari perbankan.

"Inilah yang diharapkan mampu menaikkan Koperasi atau UMKM," kata Syariefuddin.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X