Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Janji Akan Fasilitasi UMKM Akses Dana Perbankan

Kompas.com - 03/07/2013, 11:52 WIB
Zico Nurrashid Priharseno

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah berjanji akan memfasilitasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk bisa lebih mengakses sumber dana di perbankan.

Menteri Negara Koperasi dan UKM Syariefuddin Hasan menuturkan keberadaan UMKM cukup penting untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Syariefuddin mengatakan, jumlah UMKM akan meningkat dari tahun ke tahun. Saat ini jumlah pelaku usaha tersebut sekitar 56 juta di seluruh Indonesia. Ke depan diperkirakan, pelaku UMKM akan bertambah dan bisa menyerap tenaga kerja dengan jumlah lebih besar.

"Kontribusi 56 persen GDP dari UMKM, kalau begitu saya optimistis pertumbuhan kita akan lebih dari 6,3 persen dari UMKM," ujarnya di Gedung Kementerian Perekonomian, Rabu (3/7/2013).

Untuk itu, pemerintah berjanji akan terus memberikan kredit usaha rakyat (KUR), yang sudah dilaksanakannya sejak tahun 2007. Adapun outstanding hingga saat ini mencapai Rp 117 triliun.

KUR adalah kredit yang sumber dananya dari pihak ketiga, yang dihimpun dari perbankan. Saat ini sudah ada 26 bank daerah dan 6 bank pemerintah yang menerbitkan KUR.

Untuk itu, pemerintah sudah menyusun langkah-langkah untuk terus memfasilitasi UMKM agar bisa mengakses dana dari perbankan.

"Inilah yang diharapkan mampu menaikkan Koperasi atau UMKM," kata Syariefuddin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com