Hamburkan Biaya Iklan, Laba Samsung Diprediksi Tak Sesuai Harapan

Kompas.com - 05/07/2013, 14:19 WIB
Samsung dan Apple Samsung dan AppleSamsung dan Apple
EditorBambang Priyo Jatmiko


SEOUL, KOMPAS.com - Raksasa pabrikan elektronik yang berbasis di Korea Selatan, Samsung Electronics Co., diperkirakan hanya mencatat laba operasional sebesar 9,5 triliun won atau 8,3 miliar dollar AS (sekitar Rp 82 triliun), atau rendah dari perkiraan banyak analis yaitu di atas 10 triliun won pada triwulan II-2013.

Rendahnya pendapatan operasional itu terkait dengan tingginya biaya iklan yang dikeluarkan Samsung tak sebanding dengan jumlah produk smartphone Galaxy S4 yang dikirimkan.

“Perkiraan itu lebih rendah dari proyeksi sebelumnya. Dengan membandingkan biaya untuk promosi Galaxy S4 smartphone dan jumlah produk tersebut yang dikapalkan, akan bisa disimpulkan bahwa laba operasional Samsung akan di bawah perkiraan," ujar Jeff Kim, analis dari Hyundai Securities, Jumat (5/7/2013).

Dia memperkirakan bahwa kuartal III-2013 Samsung akan mulai mengurangi biaya iklannya dan kinerja keuangan akan lebih baik. “Untuk itu, kami memperkirakan laba operasional akan menembus 10,5 triliun won.

Sebelumnya, valuasi pasar Samsung telah berkurang hingga 30 juta dollar AS sejak pertengahan Maret, atau sebelum perusahaan itu meluncurkan Galaxy S4 sebulan kemudian.

Saat ini para investor sedang mencermati fokus bisnis Samsung yang terlalu menitikberatkan pada sektor IT dan perangkat komunikasi, yang menyumbang hingga lebih dari 70 persen laba operasional perseroan.

Padahal saat yang sama, banyak prediksi yang menyatakan bahwa sektor tersebut kurang terlalu moncer.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X