Kompas.com - 08/07/2013, 13:52 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada hari ini bertahan di level mendekati Rp 10.000 per dollar AS, persisnya di level Rp 9.960 per dollar AS. Meski melemah, penurunan rupiah ini masih lebih rendah dibanding regional.

Ekonom Kepala PT Bank Mandiri Tbk Destry Damayanti mengatakan, depresiasi rupiah ini masih lebih aman dibanding negara sekawasan regional. "Dibanding rupiah, nilai tukar negara sekawasan regional diperdagangkan justru lebih jeblok lagi," kata Destry kepada Kompas.com di Jakarta, Senin (8/7/2013).

Destry menambahkan, rupiah hingga siang ini diperdagangkan di level Rp 9.955 per dollar AS. Nilai tersebut melemah 0,3 persen terhitung sejak awal bulan ini dan sebesar 3,3 persen sejak awal tahun ini.

Hari ini rupiah bergerak di level Rp 9.945-Rp 9.955 per dollar AS. Sementara itu, nilai tukar mata uang di kawasan regional justru melemah lebih dalam. Misalnya ringgit Malaysia (0,75 persen), peso Filipina (0,8 persen) dan baht Thailand 1,12 persen.

"Dengan kondisi itu, imbal hasil obligasi pemerintah dengan tenor 10 tahun naik menjadi 7,86 persen. Ini berarti naik 72,5 basis poin sejak awal bulan ini dan 266,5 poin dari awal tahun ini," tambahnya.

Berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia, rupiah diperdagangkan di level Rp 9.960 per dollar AS. Nilai ini melemah dibandingkan perdagangan rupiah akhir pekan lalu yang masih berada di level Rp 9.945 per dollar AS.

Bank sentral sebelumnya menyatakan telah mengantisipasi pelemahan rupiah ini agar tidak membahayakan importir maupun eksportir. Hal itu bisa terlihat dari cadangan devisa hingga akhir Juni 2013 menjadi sebesar 98,1 miliar dollar AS, menurun 7 miliar dollar AS (setara Rp 70 triliun) dibanding akhir Mei 2013 sebesar 105,1 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.