Kompas.com - 09/07/2013, 07:18 WIB
EditorErlangga Djumena

NEW YORK, KOMPAS.com -
Saham-saham di Wall Street berakhir lebih tinggi pada Senin (8/7/2013) waktu setempat (Selasa pagi WIB). Para investor menantikan dimulainya musim laporan laba emiten untuk kuartal kedua.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 88,85 poin (0,59 persen) menjadi 15.224,69.

Indeks berbasis luas S&P 500 meningkat 8,57 poin (0,53 persen) menjadi 1.640,46, sedangkan indeks komposit teknologi Nasdaq naik 5,45 poin (0,16 persen) menjadi 3.484,83.

Para investor tidak memperkirakan perolehan laba yang sangat mengesankan untuk kuartal kedua tahun ini.
     
"Perkiraan saat ini menunjukkan pertumbuhan laba hanya 0,8 persen dan pertumbuhan pendapatan hanya 1,2 persen untuk perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam kelompok S&P 500," kata analis Briefing.com Patrick O’Hare.

"Namun, investor akan lebih fokus pada apa yang akan perusahaan katakan tentang sisa waktu tahun ini," kata analis.

Harapannya adalah bahwa laporan pekerjaan yang kuat pada Jumat pekan lalu dan indikator perbaikan ekonomi lainnya baru-baru ini, akan diterjemahkan ke dalam laba perusahaan yang lebih baik pada paruh kedua 2013.

"Investor menyadari bahwa kami tidak memiliki pertumbuhan ’blockbuster’ di babak pertama, tetapi mereka berfokus pada kuartal depan," kata Alan Skrainka, kepala investasi di Cornerstone Wealth Management. "Pasar saham memandang ke depan."

Bank-bank terkemuka mencetak keuntungan besar, termasuk Citigroup naik 2,0 persen, Wells Fargo naik 1,8 persen dan Bank of America naik 1,7 persen. Keuntungan itu terjadi menyusul laporan "bullish" dari Raymond James, yang melihat kualitas aset yang lebih kuat mendorong pertumbuhan laba di sektor ini, menurut Barrons.com.

Raksasa ritel Walmart juga memiliki hari yang baik, naik 2,0 persen.

Komponen Dow, Intel, turun 3,6 persen menyusul catatan turun dari Citigroup yang memperkirakan keuntungan lemah sehubungan dengan menurunnya pasar komputer pribadi.

Alcoa, yang secara tradisional yang pertama melaporkan laba kuartalannya, naik 11 sen (1,4 persen) menjadi 7,92 dollar AS selama siang dan datar setelah merilis angka kuartal kedua, yang datang dengan laba 7,0 sen per saham, satu sen di atas ekspektasi. Labanya turun dari kuartal pertama karena harga aluminium lebih rendah.

Perusahaan komputer Dell melonjak 3,1 persen menjadi 13,34 dollar AS setelah kelompok penasehat Institutional Shareholders Services  mengesahkan transaksi yang diusulkan oleh pendiri Dell, Michael Dell, untuk mengambil perusahaan dengan tawaran 13,65 dollar AS per saham.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP/ANTARA


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.