Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thaksin Shinawatra Beli Saham Bakrie di Bumi Plc?

Kompas.com - 09/07/2013, 11:37 WIB


LONDON, KOMPAS.com -
Mantan Perdana Menteri Thailand, Thaksin Shinawatra dikabarkan sedang melakukan pembicaraan dengan keluarga Bakrie, terkait jual beli saham di perusahaan tambang batubara Bumi Plc.   

Reuters memberitakan, Bakrie memiliki saham sebesar 23,8 persen di perusahaan tambang batubara tersebut. Sayangnya, tawaran penjualan saham kepada Thanksin tersebut belum diketahui nilainya.  Namun begitu, Sunday Times memberitakan, Thaksin diketahui sedang menyewa UBS untuk menjadi konsultan untuk guna memuluskan rencananya itu.

Bumi plc merupakan perusahaan tambang yang didirikan oleh Nat Rothschild bersama dengan keluarga Bakrie. Namun belakangan ini, keduanya terlibat konflik dan harga batubara di pasar dunia juga sedang terpuruk.

Karena konflik tersebut, Bakrie berusaha memisahkan sahamnya dari Bumi Plc sejak tahun lalu. Bakrie harus menyerahkan sahamnya Bumi Plc dan membayarkan uang senilai 278 juta dollar AS untuk ditukar dengan kepemilkan Bumi Plc di Bumi Resource .

Walaupun proses penukaran saham belum jelas, kini muncul berita Thaksin ingin membeli saham Bakrie di Bumi Plc. Tentu saja kondisi ini mencemaskan investor lainnya, inilah yang menimbulkan pertanyaan dan keraguan bagi investor lainnya di Bumi Plc.

Salah satu keraguan dari investor Bumi Plc itu adalah, mereka khawatir Bakrie tidak memiliki dana yang bisa menyukseskan transaksi menukar saham. Sayangnya  Bumi dan Thaksin menolak memberi komentar terkait isu ini, begitu juga dengan juru bicara Bakrie.

Perlu diketahui, rencana transaksi menukar saham yang diajukan Bakrie sudah direspons oleh CEO Bumi Plc, Nick von Shirnding. Juni lalu dia bilang, Bumi sudah dapat jaminan dana senilai 228 juta dollar AS yang akan harus disetorkan ke keluarga Bakrie. (Agustinus Beo Da Costa)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com