Pertamina Jamin Ketersediaan Pasokan BBM Selama Puasa-Lebaran

Kompas.com - 09/07/2013, 18:21 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta, Selasa (26/3/2013). KOMPAS/PRIYOMBODOPetugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 34-10206, Jakarta, Selasa (26/3/2013).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com
 — PT Pertamina (Persero) menjamin ketersediaan pasokan bahan bakar minyak dan elpiji untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa Ramadhan dan Lebaran 2013.

Pertamina menyatakan akan selalu memantau stok bahan bakar minyak (BBM) dengan sistem komputerisasi di seluruh terminal BBM, menambah mobil tangki, dan mengoperasikan terminal BBM serta stasiun pengisian bahan bakar umum selama 24 jam sehari.

Presiden Pemasaran Ritel BBM PT Pertamina Muchamad Iskandar, Selasa (9/7/2013), menjelaskan permintaan masyarakat terhadap BBM, khususnya premium, dan elpiji diperkirakan meningkat, terutama 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran.

Dalam prediksi Pertamina, permintaan premium diperkirakan naik 14 persen dari rata-rata penyaluran harian normal karena meningkatnya aktivitas masyarakat untuk keperluan bekerja, silaturahim, dan mudik Lebaran.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, titik kritis dari permintaan BBM dan elpiji akan terjadi pada masa 15 hari sebelum dan sesudah Lebaran," tambah Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir.

Berbagai langkah ditempuh Pertamina untuk menjaga keamanan pasokan, baik atas inisiatif sendiri maupun bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait, seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral serta Kepolisian.

Langkah yang dilakukan mencakup menjaga stok BBM pada level di atas 22 hari dan elpiji di atas 15 hari melalui optimalisasi kilang dan impor, menyiapkan SPBU setempat untuk kantong-kantong BBM jenis premium, serta pemisahan jalur pelayanan masuk motor dan mobil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Antisipasi lain yang dilakukan adalah menyediakan SPBU transit khusus untuk sepeda motor, serta pengalihan tangki pendam SPBU dari solar ke premium atau pertamax.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X