Tarif KRL Tidak Naik hingga Tahun Depan

Kompas.com - 10/07/2013, 13:07 WIB
Penumpang memadati atap gerbong kereta rel listrik (KRL) ekonomi Bogor-Jakarta yang melintas di kawasan Tanjung Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2013). KOMPAS/WAWAN H PRABOWOPenumpang memadati atap gerbong kereta rel listrik (KRL) ekonomi Bogor-Jakarta yang melintas di kawasan Tanjung Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2013).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan EE Mangindaan memastikan harga tiket kereta rel listrik (KRL) tidak akan naik hingga tahun depan. Ini bisa terjadi karena pemerintah telah menganggarkan dana subsidi bagi PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Tarif KRL tidak akan naik," kata Mangindaan saat ditemui di kantor Kementerian Perekonomian Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Dana anggaran subsidi untuk KAI tersebut di tahun ini akan diambilkan dari dana APBN Perubahan 2013. Pemerintah pun sudah menyiapkan anggaran hingga akhir tahun ini. Bahkan, anggaran tersebut termasuk untuk membeli tambahan gerbong kereta.

Sementara itu, anggaran untuk KAI di tahun depan akan diambilkan dari APBN 2014. Pemerintah menjanjikan anggaran tersebut juga termasuk untuk infrastruktur KAI.

"Kenaikan (tarif KRL) itu sudah dihitung sampai 2014 dan sudah disetujui Komisi V DPR," tambahnya. Namun sayang, Mangindaan enggan menjelaskan alokasi anggaran untuk KAI tersebut.

"Angkanya tidak ingat saya. Soal kekhawatiran harga tiket naik, tidak ada kok. Sudah sampai 2014 (anggaran) ada," ujarnya.

Bahkan di tahun depan, pemerintah pun sudah menyubsidi anggaran untuk KAI, khususnya untuk kereta jarak jauh dengan mengalokasikan subsidi Rp 45.000 per orang. Nilai tersebut, kata Mangindaan, sudah memperhitungkan dampak dari kenaikan harga BBM bersubsidi. Dengan demikian, tarif KRL saat ini sudah memperhitungkan efek semuanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X