Kesepakatan Pembelian Saham BUMI oleh Bakrie Segera Tuntas

Kompas.com - 10/07/2013, 16:02 WIB
Ilustrasi tambang batu bara KOMPAS/DWI BAYU RADIUSIlustrasi tambang batu bara
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com — Bumi Plc mengonfirmasi kabar yang beredar bahwa saat ini pihaknya tengah merampungkan kesepakatan untuk melepaskan 29,2 persen saham Bumi Resouces kepada Grup Bakrie, dengan nilai transaksi di atas 500 juta dollar AS, yang harus dibayar tunai.

"Transaksi pemisahan tersebut saat ini dalam proses negosiasi. Namun, kami tetap konsisten dengan tawaran yang ada pada proposal Grup Bakrie pada Oktober 2012," ujarnya, Rabu (10/7/2013).

Bumi saat ini menjadi "ladang pertempuran" antara penerus dinasti perbankan Inggris, Nathaniel Rothschild, dan Keluarga Bakrie, setelah sebelumnya dua entitas itu melakukan deal senilai 3 miliar dollar AS pada 2011.

Dalam pernyataan resminya, Bumi Plc juga menyatakan bahwa perseroan mengetahui ada pembicaraan antara Bakrie Group dan Borneo, atas rencana penjualan saham Bumi Plc yang dimiliki Bakrie kepada Borneo.

Dana yang diperoleh itu akan digunakan untuk menebus saham Bumi Resources yang saat ini masih digenggam Bumi Plc.

"Yang jelas, perseroan (Bumi Plc) tidak ambil bagian dalam pembicaraan itu. Namun, sebagaimana yang telah diinformasikan, pelaksanaan transaksi harus sesuai dengan ketentuan yang ada," ungkapnya.

Atas pembicaraan tersebut, Nathaniel Rothschild menyatakan bahwa transaksi yang akan dilakukan oleh Bakrie dan Samin Tan dilakukan secara sepihak tanpa membayar premi dan mengabaikan peluang pemegang saham minoritas untuk turut menikmati hasil buyback.

"Justru perilaku seperti inilah yang harus dicegah oleh regulator Inggris dan dewan direksi," ujar Nat Rothschild dalam e-mail-nya kepada KONTAN, Senin (8/7/2013).

Samin Tan sudah setuju untuk mundur dari posisi chairman segera setelah penggantinya ditemukan. Perusahaannya, Borneo Lumbung Energi, menginvestasikan 1 miliar dollar AS di Bumi Plc, setahun yang lalu, dengan membeli setengah saham yang dimiliki Bakrie.



Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X