Pemerintah Beri Subsidi untuk Pemudik Bermotor

Kompas.com - 10/07/2013, 16:48 WIB
Ilustrasi

KOMPAS/MUKHAMAD KURNIAWANIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi V DPR menyetujui usulan pemerintah untuk memberikan subsidi senilai Rp 25 miliar bagi pemudik Lebaran 2013 yang menggunakan sepeda motor.

Subsidi ini diberikan bagi pemudik yang akan membawa motornya untuk mudik melalui kereta api, laut, dan angkutan darat.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan menjelaskan, dari subsidi sebesar Rp 25 miliar tersebut, Ditjen Perhubungan Darat mendapat porsi Rp 8,907 miliar, Ditjen Perhubungan Laut Rp 7,45 miliar, dan Ditjen Perkeretaapian Rp 8,64 miliar.

Menurut Bambang, Kementerian Perhubungan menyatakan telah menyiapkan angkutan darat, kereta api, dan kapal untuk mengangkut total 216.705 motor para pemudik Lebaran mendatang.

"Untuk transportasi darat, sepeda motor yang bisa diangkut mencapai 20.000 unit dengan 40.000 penumpang," ujar Bambang dikutip dari laman Sekretariat Kabinet di Jakarta, Rabu (10/7/2013).

Awalnya, Kementerian Perhubungan mengajukan permohonan subsidi senilai Rp 124 miliar untuk angkutan motor saat masa mudik Lebaran melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2013 (APBN-P 2013). Namun, yang disetujui dewan yang membidangi sektor transportasi ini hanya Rp 25 miliar.

"Subsidi sebesar Rp 25 miliar tersebut pun menurut saya cukup realistis mengingat keterbatasan waktu untuk penyerapan anggaran," tambahnya.

Bambang memaparkan, untuk mengangkut sepeda motor dengan menggunakan kereta api, dibutuhkan anggaran Rp 250.000 per unit serta biaya operasional pengembalian kereta Rp 200.000 per unit. Dengan demikian, mengangkut satu sepeda motor menggunakan kereta api diperlukan biaya Rp 450.000 per unit.

Dengan anggaran Rp 68,607 miliar, sebanyak 20.000 sepeda motor dapat diangkut. Alokasi untuk angkutan sepeda motor dengan menggunakan kapal laut diperkirakan menyerap anggaran sebesar Rp 7,425 miliar.

Jumlah sepeda motor yang dapat diangkut sebanyak 23.800 unit dengan 47.600 penumpang. Kementerian Perhubungan mengimbau masyarakat agar memanfaatkan subsidi ini sehingga angka kecelakaan pemudik dengan sepeda motor bisa dieliminasi.

Jika masyarakat tetap berkeinginan ber-Lebaran di kampung halaman menggunakan sepeda motor, Bambang menyarankan agar sepeda motor sebaiknya didaftarkan pada program mudik Lebaran yang disiapkan Kementerian Perhubungan, dan nanti akan diangkut dengan kereta, kapal, dan truk; sementara pemiliknya bisa memanfaatkan jasa angkutan umum lainnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X