Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Tokyo Dibuka Lebih Rendah Seiring Pelemahan Dollar AS

Kompas.com - 11/07/2013, 08:41 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Tokyo dibuka 0,91 persen lebih rendah pada Kamis (11/7/2013). Penurunan ini terjadi setelah nilai tukar dollar Amerika melemah terhadap yen Jepang, menyusul spekulasi Bank Sentral AS atau Federal Reserve akan mempertahankan program stimulusnya untuk beberapa waktu.

Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo (TSE) turun 131,79 poin menjadi 14.284,81 dalam menit-menit pertama perdagangan Kamis. Dollar AS jatuh terhadap mata uang utama lainnya di New York pada Rabu, setelah Ketua Federal Reserve Ben Bernanke membantah spekulasi bahwa Fed akan segera menarik dukungannya yang luar biasa terhadap ekonomi AS.

Dollar AS atau Greenback berpindah tangan di level 99,11 yen pada awal perdagangan Kamis, setelah sebelumnya diperdagangkan di level 99,59 yen di New York dan mendekati 101 yen di Tokyo pada pada akhir Rabu. Sementara Euro dibeli 1,3111 dollar AS dan 129,98 yen setelah sebelumnya 1,3013 dollar AS dan 129,59 yen di perdagangan AS.

"Sebagian besar dari tanda-tanda itu telah mengirim telegram ke pasar-pasar menunjukkan bahwa pengurangan program pelonggaran Fed  akan dimulai lebih awal," kata manajer umum ekuitas SMBC Nikko Securities Hiroichi Nishi. Tapi, kata dia, komentar terbaru Bernanke "menghantam sebagai kejutan".

Bernanke, yang berbicara di Cambridge, Massachusetts, Rabu (10/7/2013), menegaskan kebijakan uang longgar Fed masih diperlukan, karena pasar pekerjaan masih lemah dan inflasi terlalu rendah untuk kenyamanan. "Kedua sisi pekerjaan dan sisi inflasi mengatakan bahwa kita perlu lebih akomodatif," katanya, menjawab pertanyaan setelah pidato.

"Selain itu, bagian lain dari kebijakan ekonomi makro, kebijakan fiskal, kini sebenarnya cukup ketat .... Menempatkan itu semua bersama-sama, saya pikir Anda hanya dapat menyimpulkan bahwa kebijakan moneter yang sangat akomodatif untuk masa mendatang adalah apa yang dibutuhkan dalam ekonomi AS," katanya.

Saham-saham di Wall Street berakhir bervariasi pada Rabu dengan Dow Jones Industrial Average merayap turun 0,06 persen menjadi 15.291,66.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com