BNI Salurkan Kredit ke Vendor Perusahaan Migas Rp 8 triliun

Kompas.com - 11/07/2013, 17:49 WIB
Nasabah bertransaksi di Bank BNI Kebon Sirih, Jakarta. KOMPAS/HERU SRI KUMORONasabah bertransaksi di Bank BNI Kebon Sirih, Jakarta.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) telah memberikan pembiayaan kepada para vendor perusahaan migas berupa supply chain financing dengan portfolio sebesar Rp 8,18 triliun pada semester I-2013.

Di sisi lain, perseroan juga menyediakan plafon pembiayaan untuk korporsi hingga Rp 13,2 triliun pada periode tersebut.

Wakil Direktur Utama BNI Felia Salim menjelaskan perseroan cukup serius dalam mendukung perkembangan industri migas nasional. Dari delapan sektor unggulan yang menjadi fokus bisnis BNI, migas adalah salah satunya.

Atas dukungan yang diberikan perseroan kepada industri migas, ujarnya, BNI mendapat paparan eksklusif dari SKK Migas. “Paparan ini diberikan secara eksklusif kepada BNI oleh Kepala SKK Migas. Ini menjadi pengakuan pada prestasi BNI yang sudah memberikan perhatian khusus  pada industri migas,” tuturnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/7/2013).

Hingga akhir semester I-2013, jumlah Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Migas yang melakukan eksplorasi di Indonesia mencapai 178 perusahaan, dan yang sudah berproduksi sebanyak 76  KKKS.

Dari seluruh KKKS yang sudah berproduksi itu, 44 perusahaan di antaranya sudah menjadi nasabah BNI.

Beberapa fasilitas kemudahan yang diberikan BNI untuk nasabah korporat antara lain, perseroan memiliki cabang di Singapura dan menjadi bank pertama di Indonesia yang memberikan layanan trustee atau jasa penitipan.

Fasilitas ini sudah dimanfaatkan oleh pelaku industri migas Indonesia yang memang membutuhkan layanan itu, yaitu PT Pertamina (Persero), Total E&P Indonesie, dan INPEX Corporation.

Seiring dengan fokus layanan yang diberikan BNI kepada pelaku industri migas, saat ini perseroan juga telah dipercaya untuk mengelola dana abadi dari 37 perusahaan pengelola blok migas. Adapun, nilai hingga Juni 2013 sebesar 136,9 juta dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X