PT DI Bikin Pesawat untuk 3 Negara ASEAN

Kompas.com - 14/07/2013, 15:52 WIB
Pesawat CN-235 produksi PT Dirgantara Indonesia. Pesawat CN-235 produksi PT Dirgantara Indonesia.
EditorErlangga Djumena


BANDUNG,
KOMPAS.com — PT Dirgantara Indonesia (PT DI) tahun ini memproyeksikan tiga kontrak kerja dengan tiga negara ASEAN. Ketiga negara tersebut adalah Filipina, Thailand, dan Malaysia.
 
Direktur Bidang Kualitas sekaligus Manager Komunikasi PT DI Sonny Saleh Ibrahim mengatakan, di antara ketiga proyeksi itu, kemungkinan besar yang segera terealisasi adalah Filipina karena masih dalam proses tender.

"Proyeknya, pembuatan dua CN-235 NPA yang nilainya 31 juta dollar AS-33 juta dollar AS per unit. Lalu, dua CN-295 yang nilainya sekitar 36 juta dollar AS per unit," kata Sonny di sela-sela penyerahan satu helikopter Bell 412 EP, yang merupakan hibah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur senilai Rp 120 miliar kepada TNI AD di Hanggar Rotary Wing PT Dirgantara Indonesia (Persero) KP II Jalan Pajajaran No 154 Bandung, Sabtu (13/7/2013).
 
Lalu, bagaimana dengan Thailand? Sonny mengutarakan, negara itu melakukan pemesanan dua CN-295. Peruntukannya bagi Thailand Royal Police. Negara itu ingin memperkuat armada kepolisiannya.
 
Negara ASEAN lainnya, Malaysia, juga siap menjalin kerja sama dengan PT DI. Bentuknya adalah modifikasi CN-235 Sport menjadi CN-235 NPA. Nilai kontrak modifikasi itu 8 juta dollar AS-10 juta dolar AS per unit. Selain modifikasi, Malaysia juga siap memesan tiga CN-235 NPA.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X